Merenggut Glenn Fredly dan Olga Syahputra Ini Dia Fakta yang Harus Diketahui Seputar Meningitis

Penyakit-Meningitis
Penyakit Meningitis

TIPSTREN.com – Dunia selebritis tanah air kembali berduka dengan meninggalnya penyanyi terkenal Glenn Fredly lantaran sebuah penyakit meningitis.


Meningitis merupakan infeksi pada bagian selaput otak bernama meninges dan masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penyakit berbahaya ini juga bisa menyerang siapa saja, dan yang paling rentan terjangkit penyakit ini yakni anak di bawah lima tahun, remaja dan dewasa muda berusia 16-25 tahun serta orang dewasa berusia di atas 55 tahun.

Menurut laporan WHO, meningitis ini jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan orang yang memiliki penyakit dalam jangka waktu lama.


Sebab gejala meningitis akan terasa dan muncul dalam hitungan jam bahkan hari saja.

Berikut fakta yang harus tipstrenners ketahui tentang meninges atau meningitis yang merenggut nyawa selebritis Glenn Fredly dan Olga Syahputra.

1. Banyak Penyebabnya

Yang harus kalian ketahui nih tipstrenners, meningitis itu ada berbagai penyebabnya mulai dari virus, bakteri hingga jamur.

Akan tetapi yang kini sering banyak terjadi yakni disebabkan karena bakteri.

Dan yang harus kalian ketahui nih tipstrenners, meningitis bakterialis ternyata dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak dekat.

2. Terapi Sesuai Jenis

Terapi meningitis juga tidak bisa sembarangan loh tipstrenners, terapi yang dilakukan harus sesuai dengan jenisnya.

Sebagai contoh, meningitis bakterialis membutuhkan terapi antibiotik, meningitis virus bisa sembuh tanpa terapi khusus, sedangkan meningitis jamur bisa diberikan obat antijamur.

3. Bisa Dicegah

Meningitis bisa dicegah melalui pemberian vaksin. Akan tetapi, vaksin yang tersedia saat ini tidak bisa mencegah semua jenis meningitis karena ada beragam virus, bakteri hingga jamur yang bisa menyebabkan penyakit ini.

Akan tetapi, vaksin-vaksin yang tersedia saat ini bisa mencegah jenis meningitis yang paling banyak terjadi. Misalnya, vaksin untuk mencegah meningitis meningokokus.

Jadi nih tipstrenners, coba rubah gaya makan dan kebiasaan yang bisa mengundang penyakit mematikan ini.

————
Buka situs blokir tanpa VPN? Cari aplikasi Kojop di Playstore sekarang!!

(ayu/tipstren)