10 Cara Alami ini Ampuh Hilangkan Keloid

POJOKSATU.id, JAKARTA- Keloid merupkan jaringan ikat yang tumbuh secara berlebihan, hingga menebal, menonjol, melebar dengan permukaan yang licin, dan teraba kebagian atass.

Banyak orang yang ingin menghilangkan keloid, mulai dari operasi sampai perawatan laser hanya untuk menghilangkan keloid ini. Namun ada cara yang lebih mudah yaitu dengan cara alami seperti beberapa cara dibawah ini yaitu:

1. Madu
Madu merupakan humectant yang bersifat menyembuhkan dan melembabkan kulit. Inilah sebabnya mengapa madu sangat dianjurkan untuk mengobati keloid hanya dengan mengoleskan madu segar pada bekas luka dan pijat dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasi dari sel-sel kulit mati, Cara ini sudah dipercaya dari dulu dapat menghilangkan keloid secara alami.

2. Bawang putih
Bawang putih dapat mencegah proliferasi fibroblast berlebihan yang diketahui sebagai penyebab keloid. Inilah alasan mengapa bawang putih menjadi pengobatan rumahan yang baik untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Haluskan beberapa siung bawang putih lalu oleskan pada bekas luka atau keloid selama 10 menit setelah itu bilas, jika cara ini menyebabkan rasa terbakar atau iritasi, maka segera cuci area tersebut dengan air hangat..


3. Baking soda
Baking soda dapat digunakan untuk mengatasi keloid secara efektif, baking soda ini bersifat-sebagai abrasif yang membantu mengelupas dan menghaluskan kulit Anda. Caranya dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air sampai membentuk seperti pasta lalu oleskan pada bagian keloid untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini dengan teratur.

4. Jus lemon
Jus lemon mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi yang dapat sangat membantu dalam pengobatan keloid dan berbagai jenis luka. Caranya cukup dengan memeras jeruk lemon segar untuk diambil sarinya (airnya) lalu oleskan pada daerah kulit yang bermasalah. Biarkan selama sekitar setengah jam, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan proses ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

5. Lidah buaya
Lidah buaya diketahui sangat baik untuk kulit dan dapat digunakan dalam pengobatan keloid juga. Lidah buaya membantu mengurangi peradangan, menjaga kelembaban kulit, dan menyembuhkan kulit yang rusak.

Selain itu, lidah buaya juga membantu mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Untuk menggunakan lidah buaya ini sebelumnya dengan membersihkan area bekas luka secara menyeluruh dengan air hangat lalu oleskan gel lidah buaya segar pada bekas luka diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Cara ini dapat anda lakukan 2 kali sehari.

6. Bubuk Cendana
Bubuk cendana memiliki sifat antiseptik, astringent, anti-bakteri, dan anti-inflamasi. Pasta cendana efektif untuk digunakan sebagai obat bagi banyak masalah kulit, termasuk keloid. Kayu cendana adalah bahan alami yang sangat ampuh untuk memacu regenerasi sel kulit, sedangkan air mawar berguna sebagai toner alami. Campuran kedua bahan ini akan membentuk ramuan alami, Oleskan campuran ini pada area kulit yang timbul keloid. Lakukan perawatan ini menjelang tidur malam.

7. Aspirin
Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan ukuran bekas luka keloid. Haluskan 3 butir aspirin hingga menjadi bubuk. Aduk bersama air sehingga terbentuk pasta halus. Aplikasikan pasta ini pada kulit yang timbul keloid.

8. Mentimun
Mentimun kaya akan vitamin C, mentimun juga mengandung silika yang mampu memacu produksi kolagen bagi kulit. Untuk mengobati keloid, oleskan mentimun yang telah dihaluskan sebelum tidur malam. Lakukan dengan rutin setiap hari agar keloid cepat hilang.

9. Bawang Merah

Cara menyamarkan keloid menggunakan bawang merah juga tidak sulit. Pertama bawang merah diiris-iris berbentuk kotak, kemudian taruh pada kain yang lembut. Peras bawang merah untuk mendapatkan ekstraknya. Oleskan perasan bawang merah pada keloid. Lakukan setiap pagi, siang, dan malam hari.

10. Bawang putih

Bawang putih juga mampu mencegah proliferasi fibroblast yang berlebihan, pemicu keloid. Untuk menghilangkan keloid, oles tumbukan bawang putih pada area keloid selama 15 menit kemudian bilas. Jika muncul iritasi ataupun sensasi terbakar, segera hentikan pengobatan dengan mencuci kulit dengan air hangat.

Sseperti cara-cara diatas anda juga perlu memahami keloid yang baru muncul akan lebih mudah untuk diobati, sementara yang sudah lama atau tebal mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama. Jadi diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk mengobati keloid secara alami.

(Sikah/Pojoksatu)