Wanita, Waspada Kosmetik Sebabkan Penuaan Dini

Trend Make Up di Tahun 2019
Trend Make Up di Tahun 2019
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Setiap wanita pastinya ingin tampil cantik setiap harinya, karena itu banyak wanita yang rela mengorbankan apapun demi bisa menunjang penampilannya.

Maka tak heran jika kosmetik menjadi salah satu barang yang sangat identik dengan wanita karena beberapa wanita tak bisa lepas dari alat penunjang kecantikan itu. Namun, banyak wanita yang tidak tahu bahaya dari seringnya menggunakan kosmetik.

Seperti dilansir dari Daily Mail, sebuah penelitian di Washington University menyatakan telah mengidentifikasi sedikitnya 15 bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik wanita, yang dapat menyebabkan terjadinya proses menopause lebih cepat 2 sampai 3 tahun.

Diantara bahan kimia berbahaya yang ditemukan adalah ftalat, biasanya terkandung dalam lipstik, parfum, sabun mandi, produk perawatan wajah, dan kuku.


Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal PLOS ONE, menggunakan 111 bahan kimia dalam darah pada lebih dari 31.000 wanita yang diuji ternyata mengungkapkan bahwa wanita dengan kadar bahan kimia dalam tubuh yang terlalu banyak akan beresiko mengalami proses penuaan dini lebih cepat. Selain itu pula dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pada rahim, menyebabkan penurunan fungsi ovarium, terjangkitnya penyakit jantung, serta terkena osteoporosis.

Sedangkan, yang terjadi pada wanita lebih muda namun kadar bahan kimia dalam darahnya tinggi akan berakibat mengalami resiko kanker dan sindrom metabolik. (zul)