Yuk, Kenali Jenis Denim

SBY-LS-denim-1-anggerBahan denim menjadi kain yang tak lekang oleh zaman. Karena itu, bahan tersebut jadi favorit untuk pembuatan celana, rok, dress, ataupun blus.

Namun, ada hal yang kerap dilupakan pencinta denim. Yakni, paham akan jenis denim. Salah memilih jenis denim akan memengaruhi hasil jadi busana. Fahmi Oktafiandy, pemilik Denim Works, mengatakan bahwa selvedge merupakan jenis kain denim premium. Denim itu memiliki keunggulan alami, yakni tepi kainnya sudah dijahit. Dengan demikian, jahitannya akan terlihat jika bagian bawah celana dilipat. ”Jahitannya itu sudah dari pabrik. Kalau dari Jepang, biasanya tepian kain dijahit atau diobras dengan benang merah,” terangnya.

Tepian kain itu memudahkan penjahit untuk membuat pola. Biasanya, setelah digunting, sisa kain tak akan dibuang. ’’Bisa dijadikan penambah aksesori. Sehingga kesannya jadi lebih mahal,’’ kata Fahmi.

Hal lain yang jarang diketahui kegunaannya adalah rivets. Benda bulat kecil yang diletakan di sekitar saku tepat di ujung jahitan kain itu punya manfaat. ”Rivets itu dipakai biar celananya kuat. Karena aktivitas pekerja tambang yang tinggi, makanya butuh cara supaya celananya awet,” sambung alumnus Unair jurusan ekonomi syariah itu.


Dalam pameran di Match Box Cafe tersebut, Fahmi juga menunjukkan tahapan penjahitan. Bahan denim yang punya beragam karakter itu harus dikerjakan dengan mesin yang tepat. Bila keliru, pinggiran kain lepas atau gampang sobek. ’’Sebelum membuat sebuah celana, wajib tahu jenis atau tempat menjahit yang benar,’’ terang Fahmi.

Dia lantas menunjukkan salah satu mesin yang dipakainya. Yakni, chain stitch machine. Itu adalah mesin khusus untuk membuat ikatan pada tepian kain. Gunanya, menjaga kain dan benang tak mudah lepas. Itu salah satu standar yang perlu dipahamai sebelum membuat celana.

Pemilihan bahan pun tak boleh terlupakan. Salah pilih bahan, hasilnya bakal tidak maksimal. ”Nggak semua bahan denim itu kaku. Makanya, kita harus tahu mau yang jenis yang seperti apa,” ungkap Cindy Erika Pratiwi, partner Fahmi.

Beberapa jenis denim yang dipamerkan kemarin pun punya karakteristik berbeda. Denim tipis dan cenderung halus paling sering dipilih kalangan perempuan. Sedangkan yang berbahan keras, sedikit kasar, dan berat jamak dipakai kaum adam. Ada beberapa bahan yang umum dipakai. Misalnya, chinos, cordura, chambray, dry denim, dan wash denim.

Cindy menyarankan, bila ingin pemakaian yang nyaman, wash denim bisa jadi pilihan terbaik. ”Kainnya itu lembut, nggak kaku, dan warnanya lebih muda,” tandasnya. (bir/c10/ai)