Kejuaraan Marching Band Internasional Digelar di Bandung

SEAMBC, 1st South East Asia Marching Band Championship Bandung - Indonesia
SEAMBC, 1st South East Asia Marching Band Championship Bandung - Indonesia
SEAMBC, 1st South East Asia Marching Band Championship Bandung – Indonesia

POJOKSATU РBandung akan mendapat kehormatan sebagai tuan rumah kejuaraan marching band se-Asia Tenggara. Ketua Umum PDBI Jabar  Gatut Sutanta mengatakan, kejuaraan Marching Band World Assocition Marching Show Band (WAMSB) se-Asia Tenggara ini kali pertamanya pula digelar di Indonesia, yakni pada pada 25-30 Agustus 2015.

Kejuaran Marching Band Internasional ini diselenggarakan WAMSB dan Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) yang baru tahun lalu disahkan menjadi anggota resmi WAMSB.

PDBI mendapat mandat untuk menyelenggarakan kejuaraan Marching Band Internasional di tinggkat Asia Tenggara. Ini akan akan dihadiri seluruh peserta dari ASEAN dan dalam negri, namun tak menutup kemungkinan akan adanya peserta lomba dari Australia dan negara lain di Asia seperti Taiwan, Hongkong, dan Jepang.

Menurut Gatut, peserta dari dalam negeri dibatasi jumlahnya  hanya 20 unit marching band dan setelah itu diambil 6 unit untuk bertanding dengan unit dari luar negeri dengan kategori lomba, yaitu Display, Street Parade, Color Guard dan Drum Battle.


“Peserta dari dalam negeri dibatasi sekitar 20 unit, tapi nanti hanya 6 unit yang diambil untuk bertanding dengan unit dari luar negri,” ujar Gatut Sutanta yang juga menjadi Sekretariat Kejuaraan Internasional ini.

Dipilihnya Kota Bandung sebagai tempat pelaksanaan acara karena dianggap telah siap dan memenuhi kriteria untuk mengenalkan Indonesia pada dunia dalam rangka meninggatkan kunjungan pariwisata dan pengenalan budaya daerah di Indonesia.

Acara ini akan mengusung konsep out door di Stadion Siliwangi yang berkapasitas 25.000 orang berada di Jln. Lombok Bandung, di Depan Gedung Sate, dan di Mall di Kota Bandung.

“Saat ini persiapan baru sampai pada tahap sosialisasi, kita berharap acara ini akan terselenggara dengan baik,” ujar Gatut.

Tuan rumah menargetkan menyelenggarakan acara ini sebaik mungkin, dengan menyiapkan berbagai hadiah. “Rencana kejuaraan dilaksanakan out door di Stadion Siliwangi, depan Gedung Sate dan pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Semoga ajang ini juga bisa jadi bagian mempererat silaturahmi pemuda di tinggal Asean dan meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia,” tambahnya yang berharap acara ini dibuka langsung Presiden Joko Widodo. (zul)