Menyantap Gurih dan Lezatnya Brongkos Warung Handayani

POJOKJOGJA – Berbicara kuliner di Yogyakarta, yang pertama kali muncul di kepala mungkin adalah Gudeg. Tapi tahukah kamu, di Yogyakarta juga ada satu kuliner yang menjadi buruan para wisatawan. Brongkos, demikian nama kuliner tersebut.


Seperti dengan namanya yang unik, rasa Brongkos juga tak kalah unik. Merupakan menu sederhana tapi memiliki cita rasa yang luar biasa. Itulah kenapa Brongkos juga banyak membuat wisatawan penasaran untuk menyantapnya.

Di Yogyakarta, ada salah satu warung yang berhasil mengolah menu sederhana ini menjadi hidangan yang lezat dan gurih. Warung Handayani sebuah warung yang juga sederhana tapi punya banyak penggemar.


Warung yang terletak di Jalan Gading tepatnya di sisi selatan Alun-Alun Selatan Yogyakarta ini cukup kondang sebagai penyaji Brongkos yang lezat.

Oh ya, mungkin masih ada yang penasaran apa sih Brongkos itu? Jangan keliru, kedengarannya Brongkos terdengar seperti jenis kue. Tapi sebenarnya adalah sejenis sayur yang diracik dari berbagai campuran. bahan.

Beberapa bahan utama dari Brongkos ini seperti kacang tolo, kluwak, dan mlinjo. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak dengan santan. Tentunya dengan bumbu rempah pelengkap.

Brongkos juga bisa dimasak dengan tetelan daging sapi. Jika sudah begitu rasanya semakin menggoyang lidah.

Di Warung Handayani, Brongkos juga disajikan dengan beragam lauk. Kamu bisa memilih sesuai selera. Ada pilihan lauk ayam, telur, juga tak ketinggalan tahu dan tempe goreng.

Warung yang sudah berdiri sejak 1960-an ini menjadi warung legendaris penyedia Brongkos. Didirikan oleh Andiyantono atau akrab disapa Pak Min. Berawal dari berjualan keliling, hingga pada 1968 Pak Min akhirnya mendirikan warung yang kemudian diberi nama Handayani.

Nama Handayani sendiri diambil dari nama anak Pak Min. Nama yng berasal dari kata andayani yang berarti kekuatan atau semangat. Kini Warung Handayani masih dikelola oleh anaknya.

Salah satu pengunjung Choriah Ayu Lestari mengungkapkan Brongkos yang ia santap benar-benar nikmat. Meski baru pertama kali berkunjung, ia mengaku sudah ketagihan.

“Brongkos yang aku pesan ini Brongkos Komplit. Asli rasanya benar komplit dan nikmat. Pengen tambah jadinya,” ungkap wisatawan asal Demak ini.

Ia mengaku menemukan informasi Warung Handayani dari sosial media instagram. Melihat ramainya Warung Handayani dikunjungi ia pun merasa penasaran untuk ikut mencicipinya.

“Namanya juga penasaran, mbak. Biasanya kalau ramai itu ya pasti recomended lah. Apalagi aku juga belum pernah nyobain Brongkos. Biasanya kalau di Jogja kan paking Gudeg,” jelasnya.

Untuk menikmati kelezatannya, kamu bisa datang berkunjung ke Warung Handayani antara pukul 07.00 – 16.00, buka setiap hari dengan menyajikan menu yang sama. Biasanya warung inu akan sangat ramai di siang hari, apalagi saat akhir pekan.

Tak hanya menyediakan Brongkos, di Warung Handayani juga menyediakan menu makanan pilihan khas seperti Pecel dan Soto. Harganya tak perlu khawatir, tak sampai membuat kantong jebol, kok.. Hehe…

Untuk menu Brongkos ditawarkan dengan harga mulai Rp15.000 hingga Rp32.000 untuk Brongkos dengan isian lengkap. Sementara untuk Pecel dan Soto hanya Rp14.000 an hingga Rp16.000.

Sudah makan, tentunya saja harus minum. Es campur dan es kopyor bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Kedua menu itu menjadi menu penutup favorit bagi para pengunjung.

Kepopuleran Warung Handayani terbukti dari beberapa foto artis yang pernah mampir, seperti Almarhum Bondan Winarno, Indi Barenz, Ramzi, Guruh Soekarno Putra, dan beberapa pesohor lainya.

(dien)