Tebing Breksi: Dari Abu Vulkanik Hingga Jadi Ikon Wisata Sleman

POJOKJOGJA – Tebing Breksi saat ini menjadi wisata terpopuler bahkan menjadi ikon wisata Kabupaten Sleman. Tapi tahukah kamu, bahwa sebelumnya, Tebing Breksi hanyalah sebuah lahan penggalian batu gamping.


Sejak tahun 80-an, Tebing Breksi merupakan lokasi penggalian batu gamping, yang menjadi mata pencaharian utama warga sekitar. Tak ada yang menarik di lokasi tersebut. Bahkan suasananya terasa sangat panas.

Hanya saja, karena kawasan ini berwarna putih maka orang-orang menyebut, jika Semarang punya Brown Canyon, maka Jogja punya White Canyon.


Hingga pada akhirnya, peneliti mengungkapkan fakta bahwa batuan kapur yang ada di lokasi tersebut, merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang berusia jutaan tahun.

Berdasarkan fakta inilah, akhirnya aktivitas penambangan kapur dilarang . Lokasinya kemudian ditetapkan sebagai kawasan geo heritage. Lalu, pada 30 Mei 2015, Tebing Breksi diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata baru oleh Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Yang membuat Tebing Breksi menarik ketimbang wisata lain yang ada di Jogja ialah perpaduan antara kreativitas manusia dan alam. Lebih menarik lagi, dinding tebing dibuat ukiran raksasa, sehingga lokasinya menjadi semacam galeri mahakarya para seniman.

Di Tebing Breksi juga tersedia amphiteater terbuka yang diberi nama Tlatar Seneng. Amphiteater ini digunakan sebagai tempat pertunjukan seni.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Tebing Breksi?

Kamu bisa berjalan mengitari Tebing, juga bisa menapaki anak tangga hingga tiba di puncak. Pada ketinggian, kamu bisa menyaksikan pemandangan Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, dan Candi Barong.

Kamu juga bisa berfoto dengan latar yang menarik dan tentu saja instagramble. Apalagi, di Tebing Breksi telah disediakan beberapa spot foto yang menarik.

Pada ketinggian tebing, kamu bisa menyaksikan sunset. Kamu bisa menatap jauh tanpa terhalang apa pun.

Tak hanya itu, jika punya waktu luang, kamu bisa mengikuti Shiva Plateau Tour Menggunakan Jeep,
menyusuri Shiva Plateau. Ada beberapa rute yang bisa dipilih, rute pendek, menengah, hingga rute panjang. Kamu akan diajak ke tempat-tempat sekitar Breksi, antara lain Candi Barong, Bukit Teletubbies, Watu Payung, Kompleks Rumah Dome, dan masih banyak lagi.

Berapa Harga Tiket Tebing Breksi?

Jangan khawatir soal tarif. Kamu cukup membayar biaya parkir dan tiket seikhlasnya.

Wisata apa yang dekat dari Tebing Breksi?

Kamu juga bisa menikmati wisata lain yang berjarak dekat dari Tebing Breksi. Di antaranya, Candi Barong, Candi Ijo, Istana Ratu Boko, Watu Payung/Selo Langit dan Bukit Klumprit

(Rin)