Rekomendasi 10 Angkringan Jogja Paling Enak

POJOKJOGJA – Kuliner Jogja yang murah dan enak, ya di angkringan. Kamu bahkan bisa merasa kenyang hanya dengan mengeluarkan uang Rp 10 ribu. Kamu bisa menikmati nasi kucing, gorengan, sate telur puyuh serta wedangan dan secangkir kopi. Khususnya di Jogja, angkringan sangatlah banyak. Bahkan ada di sepanjang jalan. Pertanyaannya, manakah angkringan yang paling enak? Berikut, Pojok Jogja merangkum 10 angkringan Jogja yang paling enak.

Angkringan Lek Man

Angkringan Lek Man sudah sangat terkenal di Kota Jogja. Hal ini karena angkringan ini menyediakan minuman khas yang disebut kopi Joss. Yaitu kopi yang diseduh dengan menambahkan arang panas di dalam gelas kopi.

Tempatnya sederhana. Namun, angkringan ini jadi angkringan favorit bagi mahasiswa. Disebutkan Lek Man merupakan putra dari Mbah Pairo yang konon merupakan pedagang angkringan pertama di Jogja. Ia berjualan sejak tahun 1950-an.


Angkringan Wijilan

Sebenarnya angkringan ini bernama asli Angkringan Kang Harjo, namun karena letaknya di daerah Wijilan yang terkenal sebagai sentra gudeg, jadilah angkringan ini disebut Angkringan Wijilan.

Di angkringan ini kamu akan menemukan dua meja besar yang berisi aneka makanan seperti gorengan, oseng-oseng, sate, terong balado dan masih banyak yang lain. Sajian menu ala prasmanan tersebut dipatok dengan Rp 2000-Rp 5000.

Angkringan Pendopo nDalem

Jika kamu mencari angkringan yang tempatnya nyaman cobalah mampir ke Angkringan JAC (Pendopo nDalem). Angkringan ini menempati pendopo rumah bangsawan Jawa.

Angkringan ini sangat pas untuk keluarga. Menariknya, di angkringan ini kamu akan menemukan menu tradisional yang saat ini mulai jarang ditemukan, seperti semar mendem, lupis, clorot, kipo dam jadah manten. Angkringan Pendopo nDalem ini buka pukul 18.00-23.30 WIB.

Angkringan Pak Jabrik

Angkringan ini tak pernah sepi. Mungkin karena menu yang disajikan sangat variatif. Nasi kucing saja ada beberapa macam, oseng tempe, oseng ati, sambal teri, mercon jamur, oseng jamur dan lain-lain.

Angkringan Pak Jack

Lokasinya yang berada di dekat jembatan Gondolayu, membuat angkringan ini tidak pernah sepi pengunjung. Bagaimana tidak, jembatan Gondolayu merupakan tempat nongkrong bagi anak muda Jogja.

Angkringan Klebengan

Angkringan ini dekat dengan kampus UNY dan UGM. Tempatnya juga sangat luas, sehingga sangat nyaman bagi kamu yang ingin bercengkrama dengan teman-temanmu.

Angkringan Bonbin

Angkringan ini begitu terkenal. Pasalnya, menu nasi kucingnya enak dan selalu hangat. Lokasinya di dekat kebun binatang Gembira Loka.

Angkringan Sendang

Angkringan ini lagi hits di Jogja. Angkringan ini menyajikan nasi kucing dengan menggunakan bungkusan yang bertulis Sendang. Tak hanya nasi kucing, angkringan ini juga menyajikan makanan yang digemari anak muda sekarang, seperti nasi bakar, sate tempura, sate bakso, nasi sambal bandeng dan lain-lain.

Angkringan Nganggo Suwe

Angkringan yang berada di Kotagede ini terlihat seperti warung karena tidak ada gerobak yang menjadi khas angkringan. Hanya saja, menu yang disediakan ialah menu angkringan. Salah satu menu andalan di angkringan ini ialah tongseng keong dan nasi bakar.

Angkringan Galau

Namanya saja Angkringan Galau. Tapi nuansa angkringan ini tidak galau kok. Nasi kucing yang disajikan dalam angkringan ini lebih besar dibanding ukuran nasi kucing pada umumnya. Wajar jika harganya Rp 3000 lebih mahal dibanding nasi kucing lainnya.

(rin)