Rasakan Sensasi Makan Belalang Goreng Jogjakarta

POJOKJOGJA – Mendengarnya mungkin kamu merasa agak geli, belum lagi bagi kamu yang memang phobia serangga. Tapi tunggu dulu, jangan kabur begitu saja sebelum mendengar beragam manfaat dari mengonsumsi belalang goreng ini.

Belalang goreng sudah menjadi salah satu jenis kuliner unik di Jogjakarta. Tapi setelah diolah menjadi makanan yang kaya gizi, sekali mencicipi bisa jadi kamu ingin tambah lagi.

Kami bisa dengan mudah menemukan belakang goreng saat berkunjung ke Gunungkidul. Di sanalah surga belalang goreng berada. Tak jarang, jenis makanan ini menjadi buruan para wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara.

Jangan salah, belalang ternyata kaya akan protein lho. Apalagi jenis belalang kayu yang kandungan proteinnya cukup tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan. Jadi jangan dikira seluruh jenis belalang bisa diolah untuk dikonsumsi.


Belalang kayu ini biasanya hidup di pohon jati yang banyak ditemui di Gunungkidul. Setelah diolah dengan digoreng, kelezatan dan kegurihan belalang goreng ini tak jauh beda dengan rasa udang goreng.

Biasanya belalang goreng ditawarkan dengan tiga varian rasa. Ada rasa gurih, pedas, dan manis. Kamu tentu bisa memilih sesuai selera dan kesukaan kamu. Ada juga yang menjajakannya sebagai pilihan oleh-oleh lho.

Mulai dari harga Rp 30 ribu kamu sudah bisa menikmati gurihnya belalang goreng Gunungkidul. Belalang goreng ini juga bisa kita temukan di lokasi-lokasi wisata di Gunungkidul. Bisa juga ditemukan di toko oleh-oleh.

Bagaimana penasaran dengan sensasi menyantap belalang goreng? Tidak ada salahnya kamu mencoba saat berkunjung ke Jogja. Selamat mencoba.

(dien)