Inilah 6 Tempat Terangker di Jogja

POJOKJOGJA – Ada banyak cerita di kota Istimewa Yogyakarta. Keragaman budaya, kuliner, wisata, penddikan dan sejarah. Namun, kali ini kita tidak akan membahas semuanya. Yang perlu kamu tahu, di Jogja juga memiliki cerita mistis dan tempat yang dianggap angker oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, tempat terangker di Jogja tersebut memiliki kisah yang dipercaya sebagian warga Jogja. Berikut penjelasannya.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg dulunya merupakan benteng pertahanan Belanda. Benteng ini, tidak hanya menyimpan sejarah melainkan juga menyimpan cerita horor. Cerita yang berkembang di masyarakat, di benteng tersebut kerap muncul penampakan berupa noni yang berkaki kuda. Ada juga yang mengaku pernah melihat penampakan hantu perempuan. Ada pula cerita yang berkembang, yang menyebutkan pernah terdengar pasukan tentara yang berlatih, setelah dilihat ternyata tanpa kepala. Pada 1988 silam, saat pasar Bringharjo mengalami renovasi ada kejadian yang menggemparkan. Kala itu, terdengar teriakan keras dari dalam benteng. Setelah diusut, suara itu diklaim sebagai suara teriakan dari arwah yang menjadi tawanan Belanda.

Gereja Sayidan


Gereja memiliki arsitektur khas gothic. Terdapat salib salin di menaranya. Juga ada patung Yesus yang menunjuk ke arah Keraton Yogyakarta. Menurut warga yang pernah masuk ke dalam gereja, gereja tersebut sangat kental dengan nuansa mistik. Terdapat lorong panjang dan altar yang kotor dan pengap. Terdapat banyak tulisan berbahasa Belanda.

Bundaran Fakultas Teknik UGM

Anak UGM pasti sudah tidak asing lagi dengan cerita mistis bundaran fakultas teknik UGM. Kondisi bundaran tersebut akan berubah saat malam tiba. Sebuah legenda yang beredar menceritakan bahwa bagi siapa saja yang melewati bundaran teknik UGM tersebut, maka jangan sekali kali menyanyikan lagu Gugur Bunga, apalagi jika tengah malam. Konon katanya, jika melanggar maka akan ada sesosok menyeramkan yang mengikuti dan ikut menyanyikan lagu tersebut.

Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran dikenal sebagai gunung Api Purba di Yogyakarta. Gunung ini memiliki banyak cerita mistis. Cerita bermula dari 2 orang pendaki yang tengah melakukan pendakian. Karena ketinggiannya yang hanya 700 mdpl, mereka yakin bisa sampai di puncak dalam satu malam pendakian. Namun di tengah perjalanan, langkah mereka menjadi terasa berat. Kemudian mereka memilih untuk beristirahat terlebih dahulu. Dari kejauhan terlihat sosok wanita penjual jamu yang melambaikan tangannya kepada kedua pendaki tersebut. Saat mereka ingin memastikan, tiba tiba sosok tersebut menghilang. Cerita ini berkembang dan diyakini warga setempat. Berani membuktikannya?

Student Center UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan kampus tertua di Yogyakarta. UNY telah ada sejak 1964. Ada cerita mistik yang turun temurun di UNY. Yaitu, Sosok wanita cantik yang dikabarkan sering menampakkan diri di Student Center UNY ini. Salah satu cerita mengatakan bahwa, ada satu waktu dimana beberapa mahasiswa berniat mengembalikan alat alat yang telah digunakan dalam suatu kegiatan kampus. Seperti biasa, alat alat tersebut harus disimpan dan dikembalikan di tempat asalanya yakni ruang gedung Student Center. Setelah semua alat dimasukkan, para mahasiwa berniat untuk mengunci kembali pintu Student Center. Saat pintu telah mereka kunci, tiba-tiba muncul sesosok wanita dari balik kaca jendela gedung tersebut. Dia memanggil-manggil meminta untuk mendekat. Dan ketika pintu Student Center kembali dibuka, sosok wanita tersebut menghilang. Mahasiswa UNY menyebut sosok wanita itu sebagai Sisca si penghuni Student Center.

Puncak Becici

Puncak Becici menjadi salah satu tempat wisata favorit. Di atas puncak Becici kamu bisa melihat pemandangan seluruh DIY dari ketinggian. Namun, di puncak Becici itu terdapat sebuah ayunan yang tergantung di sebatang pohon. Konon katanya, jika memainkan ayunan tersebut tanpa permisi, akan ada dorongan kuat dari belakang.

(rin)