Yummy… Macam-macam Olahan Pisang Bikin Ngiler!

Ada beberapa jenis pisang yang banyak tumbuh di Indonesia. Di antaranya, pisang raja, pisang mas, pisang kepok, pisang ambon, dan pisang susu.

Beredar juga jenis pisang impor seperti pisang Cavendish. Namun, tak semua jenis pisang bisa diolah menjadi dessert.

Anang Supianto, assistant pastry chef Shangri-La Hotel Surabaya, menyatakan bahwa pisang mas, pisang kepok, dan pisang raja paling pas diolah menjadi makanan.

Untuk dijadikan makanan yang digoreng, contohnya pisang goreng, gunakan pisang kepok. Sebab, pisang kepok punya tekstur yang lembut, tapi tidak mudah hancur.


”Kalau masuk ke minyak panas, bentuk pisangnya masih utuh,” katanya.

Selain itu, rasa pisang kepok sangat manis. Berbeda dengan pisang susu yang sedikit sepet. Jenis pisang lainnya kurang tahan panas.

Jadi, ketika digoreng, bentuknya akan berubah menjadi terlalu lembut. Menurut Anang, cita rasanya bakal berkurang.

Sementara itu, untuk dijadikan olahan roti dan cake, Anang menyarankan memilih jenis pisang mas. Rasanya manis dan teksturnya sangat lembut.

Khusus untuk olahan roti, usahakan pisang masih berbentuk utuh saat disajikan.

”Tujuannya, rasa pisang masih kuat karena adonan roti itu nggak mengandung pisang,” jelasnya.

Misalnya, banana caramel cake. Adonan roti yang lembut berpadu dengan pisang yang dipotong-potong dan dimasak bersama karamel. Karamel terasa seolah meleleh di dalam mulut dalam sekali gigitan.

Boleh juga dikreasikan dengan cokelat. Lagi pula, siapa sih yang tak suka perpaduan pisang dan cokelat? Cokelat bisa menambah rasa tanpa menghilangkan ciri khas pisang.

Sedikit berbeda ketika pisang mas diolah menjadi cake. Pisang harus dimasak menjadi satu dengan adonan sehingga perlu diaduk dengan menggunakan mikser. Misalnya, banana cake.

Pisang mas dimasak dalam adonan cake hingga pisang hancur dengan sendirinya. Meski tak ada pisang utuh yang terlihat saat disajikan, rasa pisang dalam banana cake masih terasa.

”Aroma pisang juga masih tercium meskipun agak samar,” ujarnya.

Tekstur banana cake cenderung padat, tapi terasa lembut dan manisnya pas. Banana cake juga bisa dipadukan dengan walnut alias kacang kenari.

(adn/c16/na)