Makanan Ini Sering Dibilang Sehat? Padahal Tidak!

Makanan sehat identik dengan jargon organik, rendah lemak, dan tanpa gula. Namun faktanya, ada beberapa makanan yang mendapat label sehat ternyata justru sebaliknya.

Enam makanan di bawah ini contohnya. Semua kerap dilabeli makanan sehat, padahal mengandung komponen yang berbahaya bagi kesehatan.

1. Sereal

Sereal sering dicap sebagai menu sarapan yang seimbang dan sehat. Namun kenyataannya, banyak produk sereal yang dijual bebas sebenarnya memiliki bahan-bahan yang tidak sehat.


Sereal dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang melepaskan insulin jika anda sering mengonsumsi seral maka kalori akan melobjak sekitar 400 kalori dari kebutuhan tubuh anda.

2. Jus Buah

Tahukah anda jika Jus buah dalam kemasan ternyata memiliki kalori yang tinggi dikarenakan terdapat tambahan gula didalamnya.

Berbeda jika mengonsumsi buah secara langsung maka kadar kalori anda tetap terjaga. Minum jus buah disarankan bagi oang yang memilki sedikit asupan buah.

3. Yogurt Beku

Yogurt biasanya dimakan sebagai alternatif dari es krim. Namun tahukah anda jika yogurt tidak selamanyaa sehat? Yogurt beku yang dijual dipasaran ternyata tinggi akan lemak dan gula.

Pilihlah yogurt rendah lemak, karena yogurt bebas lemak akan memliki sedikit resiko penyumbatan arteri pada aliran darah.

4. Granola

Granola merupakan tumbuh-tumbuhan sejenis oat. Oat dipercaya baik untuk kesehatan karena rendah gula, rendah lemak dan kaya akan serat.

Namun tahukan anda jika Granola yang dijual dipasaran mengandung gula dan minyak terhidrogenasi?

Pastikan anda konsumsi granola seperempat cangkir, porsi tersebut sudah memenuhi kebutuhan kalori anda.

5. Sushi

Sushi dipercaya sebagai makanan sehat bagi kebanyakan orang, karena Sushi mengandung karbohidrat dan protein.

Namun mengonsumsi Sushi ternyata tidak mengandung vitamin, serat dan meneral.

Terutama jika Sushi terbuat dari ikan mentah, maka berhati-hatilah dengan ikan mentah karena akan berdampak buruk pada kesehatan.

6. Margarine

Margarin mengandung minyak terhidrogenasi, ini yang biasa disebut sebagai lemak trans yang dapat menyebabkan kolesterol dan penyakit jantung.

Coba beralih ke “butter” yang lebih rendah minyak dan lemak. Atau bila perlu cari margarine yang rendah lemak.

(mia/pojoksatu)