Kisah Risma Masuk Daftar 50 Pemimpin Besar Dunia

RISMAHARINI
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini

POJOKSATU.id,  SURABAYA – Jelang akhir masa jabatan, penghargaan yang diterima Wali Kota Tri Rismaharini terus bermunculan. Terakhir, wali kota perempuan pertama di Surabaya itu masuk daftar 50 pemimpin besar versi majalah Fortune.

Dalam daftar yang dirilis lewat situs www.fortune.com/worlds-greatest-leaders itu, nama Risma ada di nomor urut 24 pemimpin besar dunia. Yang menarik, posisi pejabat asal Kediri tersebut satu setrip di atas pemilik situs jejaring sosial kenamaan Facebook Mark Zuckerberg. Sementara itu, situs tersebut menetapkan CEO Apple Tim Cook sebagai peraih peringkat pertama tokoh berpengaruh dunia.

Dalam keterangan resmi di situs tersebut, Risma masuk 50 pemimpin besar dunia karena dianggap berhasil mengubah kota berpenduduk 2,7 juta jiwa itu menjadi kota metropolis baru di Indonesia. Risma juga dianggap berhasil mengembangkan konsep pembuatan kawasan hijau. Salah satunya, menyulap kompleks makam agar bisa menjadi area resapan air.

Saat dihubungi, Risma mengaku sudah mendengar kabar itu. Hanya, dia menyebut tidak tahu-menahu bagaimana dirinya bisa masuk daftar 50 besar tokoh berpengaruh di situs tersebut.


”Aku nggak tahu kapan nilainya. Malah, baru tahu tadi pagi karena banyak yang menelepon,” kata Risma.

Risma menceritakan, dirinya kali pertama tahu info itu dari sejumlah koleganya dari luar Surabaya. Risma juga mengaku ditelepon pemenang nomor dua. Mengacu daftar tersebut, dia adalah President European Central Bank Mario Draghi.

”Tadi juga dapat telepon dari yang nomor dua,” kata Risma.

Meski demikian, Risma tidak terlalu memikirkan penghargaan itu. Dia mengatakan, award tersebut bukan tujuan utamanya sebagai wali kota.

”Saya berharap semua pihak (di pemkot, Red) lebih bisa kreatif lagi sehingga kita bisa memperbaiki PR yang masih banyak,” katanya.

(ris/c10/kim)