Kementan Siap Tumbuhkan Eksportir Milenial

kementan - eksportir milenial
Kementan dorong tumbuhnya eksportir milenial. (Kementan)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) tengah gencar melakukan ekspor produk pertanian.


Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produk ekspor serta mendorong tumbuhnya eksportir milenial.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Dikatakan, semangat Mentan Andi Amran Sulaiman dalam menggenjot ekspor produk pertanian harus didukung penuh.


“Upaya strategis peningkatan dan percepatan ekspor komoditas pertanian menjadi modal bagi bangsa Indonesia, selain itu kita beruntung bahwa bangsa ini dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, terutama hasil pertanian,” ucapnya.

Dedi menyampaikan bahwa meningkatkan jumlah eksportir terutama di kalangan generasi milenial, yaitu dengan cara mendorong kreativitas generasi muda dalam meningkatkan produksi yang layak ekspor.

“Kita gerakan petani milenial melalui Balai-Balai Pelatihan Pertanian serta Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang Kementan miliki. Kita ciptakan Job Seeker dan Job Creator yang siap mengguncang dunia dengan kreatifitas dan produktivitas generasi milenial pertanian Indonesia,” paparnya.

Dedi juga mengatakan bahwa kaum milenial akan kita dorong untuk dapat meningkatkan diversifikasi atau keberagaman komoditas/produk dengan minimal produk setengah jadi bahkan sampai jadi.

“Sesuai dengan instruksi Menteri Pertanian, bahwa BPPSDMP akan terus melakukan upaya khusus untuk menciptakan generasi muda milenial di sektor pertanian,” tuturnya.

Kementan saat ini sudah memiliki enam Polbangtan. Diantaranya Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, dan Polbangtan Manokwari.