Jalan Penghubung Dua Kecamatan di Karawang Puluhan Tahun Rusak

Jalan pengubung dua kecamatan di Karawang dibiarkan rusak
Jalan pengubung dua kecamatan di Karawang dibiarkan rusak

POJOKSATU.id, KARAWANG – Kondisi akses jalan poros di Desa Kampungsawah berbatasan dengan Desa Ciptamarga, Kecamatan Jayakerta yang menuju arah Desa Bolang, Kecamatan Tirtajaya rusak parah. Ironisnya kondisi itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Tetapi hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang belum memperbaiki kerusakan jalan tersebut.


Berdasarkan pantauan Pojoksatu.id di lokasi, Jalan poros tersebut yang rusak kurang lebih memiliki panjang sekitar 300 meter, tingkat kerusakan jalan ini cukup memprihatinkan dengan kondisi jalan berlubang dan tidak rata serta berlumpur saat diguyur hujan.

Padahal akses jalan tersebut cukup vital bagi masyarakat setempat. Mengingat setiap hari jalan ini ramai dilewati pengendara. Bahkan di sepanjang jalan ini ada banyak lembaga pendidikan dan pesantren.

Ahmad, warga Desa Kampungsawah mengatakan, jalan tersebut sudah lama rusak kurang lebih 10 tahun. Ia mengaku kecewa karena selama ini pemerintah daerah belum juga melakukan perbaikan.


“Saya rasa sudah 10 tahun jalan yang rusak seperti ini tanpa ada perbaikan. Padahal setiap tahun pemerintah melakukan program perbaikan jalan. Tapi anehnya tidak ada yang diarahkan ke jalan ini,” kata Ahmad, Jumat (03/02/2023).

Masih dikatakan Ahmad, sejak jalan tersebut dibangun atau diaspal pemerintah jarang melakukan program pemeliharaan, akibatnya kerusakan bertambah parah, lubang jalan yang awalnya kecil kini menjadi lebar. Lubang jalan tersebut bukan hanya mengganggu kenyamanan tapi juga dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Kerusakan jalan yang paling parah berada tepat di area Pondok Pesantren Mursyidul Falah dan di depan Masjid Nurul Falah yang menuju arah Desa Bolang, Kecamatan Tirtajaya. Oleh karena itu, ia berharap agar tahun depan kerusakan jalan bisa diperbaiki.

ā€œPemkab terkesan tebah pilih. Sebab, hanya ruas jalan ini yang tak kunjung diperbaiki. Coba Ibu Bupati dan wakil Wakil Bupati juga Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karawang sekali-sekali bisa lewat di jalan ini biar tahu kondisinya seperti apa,” ujarnya.

Sementara itu, Ujang Kepala Dusun Karajan, Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang menyampaikan bahwa dari pihak Desa sudah setiap tahun mengajukan untuk perbaikan.

“Saya rasa dari pihak desa juga sudah beberapa kali mengajukan untuk perbaikan jalan tersebut. Bahkan tahun kemarin juga mengajukan tetapi belum juga direalisasi dan semoga tahun 2023 ini segera direalisasi,” pungkasnya. (Yusup/Pojoksatu)