Golek Garwo, Acara Cari Jodoh Unik Khas Yogyakarta

Acara Golek Garwo (cari jodoh) khas Yogyakarta. Photo: Jawapos.com

POJOKJOGJA, Bantul – Cinta datang karena adanya usaha atau dalam bahasa Jawanya, witing tresno mergo upoyo. Ungkapan inilah yang menjadi slogan
acara ‘Golek Garwo’. Acara tersebut semacam ajang cari jodoh yang rutin dilakukan setiap bulan di Yogyakarta.


Acara cari jodoh tersebut digelar di kantor Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada Minggu, 9 Desember 2018.

Salah satu syarat untuk menjadi peserta acara tersebut, terlebih dahulu mengisi formulir. Sedangkan, mereka yang sudah lama mengikuti acara Golek Garwo tinggal registerasi.

Salah satu peserta, Hari Istiadi (31) dari Dusun Pranan, Desa Sendangsari, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman. Hari mengaku telah mengikuti acara tersebut dari bulan lalu, hanya saja belum mendapatkan wanita idaman yang sekiranya cocok dengannya.


Kendati demikian, Hari tetap optimis. Ia berharap pada gelaran kali ini, ia menemukan calon pendampingnya.

“Bulan lalu saya sudah mengikuti acara ini. Tapi belum ketemu yang cocok,” kata dia, Minggu, 9 Desember 2018.

Hari mengaku telah melakukan pendekatan dengan menghubungi beberapa nomor telepon yang didapatkan dari panitia. Namun, dari upayanya itu sejauh ini masih gagal. “Ada yang nomor kontaknya tak bisa dihubungi, ada yang bilang kalau ikut acara ini karena disuruh. Bukan karena niat sendiri,” Hari menjelaskan.

Saat ditanya, tipe wanita yang diidamkannya, Hari menjawab cantik bukanlah syarat utama. “Cantik itu relatif, saya cari wanita yang sederhana dan menerima apa adanya,” kata dia.

Rm Ryan Budi Nuryanto pencetus sekaligus panitia dari acara Golek Garwo mengatakan, acara Golek Garwo merupakan salah satu media untuk memberikan fasilitas kepada mereka yang masih sendiri. Supaya bisa mendapatkan pasangan hidupnya sampai di akhirat nanti.

(rin/jpc)