Kuliner Khas Jogja Ini Dijamin Enak

Kuliner Khas Jogja – Nggak ada habisnya jika membahas kuliner khas Yogyakarta. Yap, kota pelajar ini memang memiliki banyak kuliner enak yang tentunya bisa kamu cicipi dengan harga yang murah.


Tak hanya gudeg, bakpia, atau kuliner lain yang bercita rasa manis lainnya. Jogja memiliki kuliner yang beragam rasa. Gurihnya ada, pedasnya pun ada.

Berikut kuliner khas Jogja yang rasanya dijamin enak

Sate Klathak


Sate klathak adalah sate yang dimasak dari daging kambing muda yang cara memasaknya sangat sederhana, hanya dibumbui dengan garam dan merica saja. Kendati dengan bumbu yang sederhana tapi rasanya itu loh, luar biasa. Terlebih jika penyajiannya ditemani dengan kuah gulai kambing atau tongseng, yakin kamu bakal nambah.

Mie Lethek

Lethhek dalam bahasa Jawa dapat di artikan sebagai kotor. Bukan, karena pembuatan mie ini, melainkan tampilan mie yang memang memiliki warna agak kusam, jadilah orang-orang menyebutnya sebagai mie kotor atau mie lethek.

Mie ini terbuat dari tepung tapioka dan gaplek serta diolah secara tradisional tanpa menggunakan pewarna makanan dan bahan kimia lainnya menjadikan warna mie lethek sama dengan warna gaplek, kuning gading dan agak kusam.

Seperti mie pada umumnya, mie lethek biasa di olah menjadi mie lethek goreng, mie lethek rebus, hingga dijadikan campuran nasi goreng atau istilahnya magelangan.

Soto Lenthuk

Soto lenthuk ini merupakan soto ayam kampung yang disajikan dengan lenthuk sebagai pendampingnya. Lenthuk merupakan makanan olahan singkong yang dikukus lalu kemudian dihaluskan dan diberikan bumbu-bumbu gurih lalu kemudian di goreng. Teksturnya seperti gethuk tapi bercita rasa gurih dan digoreng.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto memiliki kuah berwarna merah menyala. Lele asap yang lembut dibalut dengan bumbu mangut merah menyala ala Mbah Marto ini, dijamin bisa membuatmu ketagihan.

(rin)