5 Objek Wisata di Indonesia yang Punya Mitos Bikin Putus Cinta

POJOKJOGJA – Mengisi waktu libur di tempat wisata dengan pasangan tentu akan sangat menyenangkan. Selain menghilangkan penat, berlibur bareng pasangan juga mampu merekatkan lagi hubungan yang renggang karena kesibukan masing-masing.


Namun, bagi kalian yang ingin berlibur dengan pasangan, baik juga untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai tempat wisata yang ingin kalian datangi.

Percaya atau tidak, ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang kental dengan mitos putus cinta.

5 Objek Wisata yang Punya Mitos Bikin Putus Cinta


1. Candi Prambanan

Banyak yang percaya bahwa Candi Prambanan kental dengan mitos putus cinta. Salah satu artis yang percaya dengan mitos tersebut ialah Anggun C Sasmi. Pelantun Mimpi tersebut bahkan pernah menolak untuk tampil di Candi Prambanan. Katanya, dia pernah datang ke Candi Prambanan dengan kekasihnya, tak lama setelah kunjungannya, keduanya putus. “Nanti saja setelah nikah,” kata Anggun saat ditanya mengapa menolak untuk tampil dalam event musik di Candi Prambanan.

2. Kebun Raya Bogor

Ada yang menyatakan Kebun Raya Bogor merupakan tempat untuk menemukan pendamping hidup sejati. Tapi jangan senang dulu, karena cintamu juga bisa kandas di sini.

Percaya atau tidak banyak yang meyakini jika pacaran di Kebun Raya akan berakhir kandas. Jembatan gantung merah di Kebun Raya disebut-sebut sebagai penyebabnya. Namun, mitos keberadaan jembatan gantung tersebut masih menyimpan banyak tanda tanya.

3. Tanah Lot

Mitos putus cinta di Tanah Lot sebenarnya sudah sangat lama. Konon jika kita membawa pasangan belum menikah ke pura Tanah Lot, hubungan mereka tidak akan bertahan lama atau akan kandas dalam waktu dekat.

4. Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Tanjakan Cinta merupakan jalan setapak menuju bukit, dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Letaknya tepat setelah Ranu Kumbolo menuju Oro-oro Ombo. Saat melewati Tanjakan Cinta, para pendaki dihimbau agar tidak menoleh ke belakang. Kalau menoleh, konon akan putus cinta!

Konon, ada dua sejoli yang sudah bertunangan menapaki tanjakan tersebut. Sang pria berhasil naik sampai puncak dan tidak menoleh. Namun, si perempuan keletihan, lalu jatuh terguling dan meninggal. Konon dari kisah dua sejoli ini, mitos berasal dan dipercaya sampai sekarang.

5. Pantai Balekambang

Pantai yang berlokasi di selatan Kota Malang, Jawa Timur ini indah dengan pasir putihnya. Ada pura dan pulau kecil di bibir pantai menjadi daya tarik di pantai yang berada di Kecamatan Bantur tersebut.

Sayangnya, pantai ini menyimpan sebuah mitos. Barang siapa pacaran (pasangan belum menikah) di tempat ini niscaya akan putus.

(rin)