Waspada Virus Komputer Ini, Bisa Menguras Uang Anda

komputer
Sarjana Komputer

POJOKSATU.id, JAKARTA – Virus ini patut diwaspadai dari komputer anda jika terkoneksi internet lalu minta tebusan uang. Belakangan, muncul sebuah ransomware baru bernama ‘7ev3n’ yang meresahkan.

Pada dasarnya, ransomware adalah jenis virus yang berisi paket kode enkripsi atau pengunci data. Pola serangan virus ini mirip tindak penyanderaan.

Saat sudah menginfeksi komputer, ransomware akan langsung mengunci sebagian atau seluruh akses ke komputer, membuatnya nyaris tidak bisa dipakai.

Nah, agar si komputer bisa dipakai kembali, biasanya hacker pengirimnya akan meminta uang tebusan untuk menghilangkan enkripsi yang ada. 7ev3n juga mempunyai modus serupa.


Bedanya, virus ini meminta tebusan yang tidak masuk akal, mencapai 13 Bitcoin atau nyaris menyentuh Rp 70 juta. Soal mahal atau tidak, tentu tergantung isi file komputer yang ikut diblokir oleh si virus.

Menariknya, pola serangan 7ev3n cukup tradisional karena ikut mengunci komputer dengan cara menonaktifkan fungsi beberapa tombol keyboard, seperti F1, F10, F3, F4, Enter, Escape, Left Alt, Left Ctrl, Right Alt, Right Ctrl, Right Shift, Left Windows, Right Windows, Num Lock, dan Tab.

Terkuncinya semua tombol itu tentu menghalangi pengguna untuk menghilangkan pesan permintaan tebusan yang biasanya langsung memenuhi layar pasca infeksi 7ev3n.

Celakanya, meski pengguna sudah membayar uang tebusan, kerap komputer tidak bisa kembali ke kondisi semula di mana banyak file yang tetap tidak bisa diakses.

Namun, untuk bisa membuka file yang ada di komputer tidak ada jalan lain selain membayar si hacker. Sebab, belum diketahui celah untuk menghilangkannya.

Ciri dari komputer yang sudah terinfeksi virus 7ev3n adalah ada file-file yang berubah nama dan berakhiran (ekstensi) ‘.r5a’. Semua file yang berakhiran .r5a biasanya sudah tidak bisa dibuka lagi.

 

(res/pojoksatu)