Sistem Operasi iOS 7 Masuk Gerbang Kematian

074930_924451_iphone

POJOKSATU – Gencarnya Apple mempopulerkan iOS 8 membuat pendahulunya, iOS 7 mulai berada di gerbang kematian. MixPanel, sebuah perusahaan analisis ponsel malah memprediksi untuk sistem operasi yang lebih tua secara virtual akan mati pada kuartal 2015. Sistem yang lebih lama bisa lebih cepat mati kalau pengembang aplikasi atau game mulai berhenti memberi dukungan.

Suhail Doshi, CEO dari MixPanel menjelaskan, saat ini iOS 7 masih digunakan oleh 18,31 persen pengguna produk Apple. Sedangkan sistem operasi yang lebih tua lagi, saat ini berada di angka 1,48 persen. Namun, angka dari kedua sistem operasi tersebut dilaporkan terus menurun. Puncaknya pada akhir September dan awal Oktober 2014, ketika iOS 8 dirilis.

“Developer akan berhenti membuat update aplikasi yang berjalan di iOS 7,” ujarnya seperti dikutip dari Forbes. Lebih lanjut dia menjelaskan, perubahan sistem operasi pada pengguna produk Apple lebih cepat daripada Android. Dari data yang dimiliki, pengguna Android lebih lamban untuk mengupdate sistem operasinya. Padahal, update sudah tersedia dan tinggal mengunduh.


Dia menambahkan, Tim Cook dan Apple tiap mengeluarkan update memang memberikan perkembangan yang mengesankan bagi penggunanya. Namun, dia menyebut masih ada beberapa ruang yang harus dikembangkan oleh Apple supaya memimpin pasar. Apalagi, para pengembang saat ini sudah konsentrasi untuk memberikan dukungan penuh pada iOS 8. (jon/mas/dep)