Xiaomi Mi Note Pro dengan Samsung Note 4, Keren Mana?

Xiaomi Pro dan Samsung Note 4. Foto: Istimewa
Xiaomi Pro dan Samsung Note 4. Foto: Istimewa
Xiaomi Pro dan Samsung Note 4. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Produsen gadget asal Tiongkok, China, Xiaomi, saat ini merilis phablet baru dalam dua versi, Mi Note dan Mi Note Pro yang memiliki spesifikasi lebih baik dibanding Mi Note.

Phablet yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau inipun diklaim memiliki spesifikasi sama persis seperti Samsung Note 4 yang harganya cukup mahal.

Peminat Xiaomi di dunia juga sudah sangat banyak, karena dengan harga yang relatif terjangkau, Xiaomi mampu menghadirkan spesifikasi yang sangat memuaskan bagi pencinta gadget canggih.

Bagaimana jika smartphone besutan Perusahaan yang berkantor pusat di Beijing ini dibandingkan dengan jagoan perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, Galaxy Note 4?


Seperti diketahui, Note 4 adalah phablet flagship Samsung yang dibekali beragam kecanggihan. Berikut perbandingan singkat antara Note 4 dan Mi Note Pro.

Mi Note Pro memiliki layar 5,7 inch Quad HD LCD yang sama persis dengan Note 4 yang juga memiliki bentang layar 5,7 inch Quad HD LCD dengan resolusi layar 1440×2560. Keduanya juga punya ppi (pixel per inch) sama, yakni 515. Namun, Note 4 memiliki teknologi layar khas Samsung, Super Amoled.

Layar Note 4 memang banyak dipuji dalam berbagai pengujian sebagai salah satu yang terbaik di pasaran saat ini. Tapi sepertinya, layar Mi Note Pro yang memakai teknologi Sharp akan dapat menyaingi Layar yang dimiliki Note 4.

Xiaomi Pro dan Samsung Note 4. Foto: Istimewa
Xiaomi Pro dan Samsung Note 4. Foto: Istimewa

Xiaomi Pro

Galaxy Note 4 memiliki memori internal 32 GB yang dapat diekspansi melalui microSD sampai kapasitas 128 GB. Adapun Mi Note Pro punya memori internal lebih besar, 64 GB. Tapi kekurangannya, ia tidak dibekali slot microSD.

Dengan prosesor generasi terbaru Snapdragon 810, dibekali Adreno 430 GPU serta RAM 4 GB, Mi Note Pro tampak lebih unggul dibandingkan dengan Note 4. Phablet jagoan Samsung itu sendiri dibekali prosesor Snapdragon 805 atau Exynos 5433, Adreno 420 GPU dan RAM 3 GB.

Pada saat dioperasikan, mungkin tidak ada perbedaan berarti di antara keduanya. Tapi Snapdragon 810 yang digunakan Mi Note Pro memiliki support 64 bit pada Android Lollipop dan juga aplikasi 64 bit lain di masa depan.

Baterai Mi Note Pro memiliki kapasitas 3.000 mAh. Sedangkan, pada Note 4 lebih besar, dengan baterai ukuran 3.220 mAh.

Kamera utama milik Galaxy Note 4 adalah 16 megapixel, dengan kamera depan 3,7 megapixel, yang dibekali dengan OIS, dual shot, perekaman video dan gambar HD secara simultan, touch focus, panorama, selfie mode, sampai HDR.

Sedangkan, Kamera Mi Note Pro masih kalah dengan Kamera milik Samsung Note 4, yang hanya dibekali kamera utama 13 megapixel dan kamera sekunder 4 megapixel. Dilengkapi dengan two tone flash, OIS, HDR, panorama dan sebagainya.

Untuk software, Mi Note Pro menjalankan Android 4.4.4 KitKat dengan user interface MIUI 6. Sedangkan Galaxy Note 4 memakai Android 4.4.4 dan ciri khas penampilan TouchWiz. Mana yang lebih baik, tergantung selera masing-masing.

Fitur unggulan, dari Note 4 dibekali beberapa fasilitas yang tidak terdapat di Mi Note Pro. Sebut saja pemindai sidik jari atau stylus S Pen yang saat ini semakin canggih kemampuannya.

Desiain Mi Note Pro terbuat dari metal dan casing belakangnya diperkuat lapisan Gorilla Glass yang tampak sangat tipis, ketebalannya hanya 6,96 mm dan beratnya 161 gram. Sedangkan Galaxy Note 4 ketebalannya 8,5 mm dengan berat 176 gram serta desainnya dengan frame dari metal yang identik dengan ciri khas smartphone Samsung.

Harga Mi Note Pro dibanderol cukup terjangkau sekitar USD 530 atau setara dengan Rp 6,6 juta, sedangkan Galaxy Note 4 harganya sudah pasti lebih mahal, di kisaran Rp 8,5 jutaan.

Nah, itulah sekilas revieuw tentang keunggulan dan kekurangan Samsung Galaxy Note 4 dan Xiaomi Mi Note Pro. (zul)