Cara Atasi Virus “Gadis Mabuk” di Facebook

Virus "gadis mabuk setelah pesta"
Virus "gadis mabuk setelah pesta"
Virus “gadis mabuk setelah pesta”

POJOKSATU – Virus “Gadis Mabuk Setelah Pesta” beredar luas di Facebook sejak awal Desember. Namun hingga kini, virus itu masih tetap eksis.

Ahli digital forensik dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Agung Harsoyo, mengatakan penyebaran virus di laman Facebook itu hanya perbuatan iseng. “Belum bisa dikatakan cyber vandalism,” ujar Agung.

Agung mengatakan virus tersebut membuat pulsa atau kuota layanan Internet para pengguna telepon seluler yang mengakses video itu terkuras. Video itu disusupi program yang otomatis memacu layanan Internet yang dipakai pengaksesnya.

Agung yakin belum ada netizen yang dirugikan oleh beredarnya virus ini. Virus tersebut merugikan jika sudah sampai pada titik mencuri data atau merusak dekstop yang dijangkitinya. “Cara mudahnya, jangan sembarang mengklik sesuatu yang berbau porno di Internet,” katanya.


Analis Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, salah satu kunci keberhasilan virus “Gadis Mabuk Setelah Pesta” adalah kecerdikannya menghindari penggunaan app Facebook sehingga tim keamanan tidak berdaya melakukan tindakan penghapusan malware.

Si penjahat cyber ini, menggunakan sebuah teknik yang memanfaatkan ekstensi di Google Chrome. Malware yang menyamar jadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting virus di wall Facebook.

Jika terlanjur jadi korban, disarankan untuk melakukan langkah-langkah ini:

1. Buka peramban Google Chrome.
2. Akses Chrome Extension dengan mengetik: chrome://extensions.
3. Cari ekstensi dengan nama “Atas Berita” atau ekstensi lain yang  dianggap mencurigakan.
4. Klik gambar tempat sampah di sebelah kanan dan klik tombol Hapus pada kotak “Konfirmasi Penghapusan”.
5. Restart Google Chrome.

Setelah menjalankan langkah-langkah di atas, disarankan bagi para korban untuk segera mengganti password akun Facebook. (one)