Microsoft Lengkapi Skype dengan Fitur Penerjemah Real Time

011105_696222_Skype

RAKSASA teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft menambah fitur baru pada piranti lunak untuk berkomunikasi, Skype. Fitur baru itu adalah penterjemah untuk panggilan suara dan percakapan online secara tepat waktu dengan gaya Star Trek.

“Kami telah berinvestasi dalam pengenalan suara, penerjemajan otomatis dan teknologi belajar dalam satu dekade lebih. Dan kini mereka muncul sebagai komponen penting dalam era komputasi yang lebih personal,” ungkap Vice President Microsoft Corporate, Gurdeep Pall dalam sebuah posting pada blog resmi Microsoft.

Perusahaan yang bermarkas di Redmond, Washington itu pertama kali memperkenalkan sistem itu dalam konferensi pada bulan Mei lalu. Pall mengatakan, pihaknya berharap versi beta sistem itu bisa diluncurkan pada kahir tahun ini.


Seperti dilansir The Register, Selasa, (16/12), layanan baru untuk Skype itu telah tersedia untuk orang-orang yang terdaftar dalam program preview. Pada saat peluncuran nanti, pesan instan akan didukung dalam 40 bahasa dan dua bahasa penerjemah dalam bentuk suara, yakni Inggris dan Spanyol.

Kedua bahasa itu dipilih sebagai tahap awal pembelajaran pola bicara manusia. Dalam jangka panjang, kata Pall, Skype akan memiliki kemampuan menterjemahkan secara otomatis dengan sebanyak mungkin bahasa yang ada.

Versi preview tersebut dapat diunggah pada perangkat smartphone, tablet dan komputer yang menggunakan system operasi Windows 8.1 dan preview Windows 10.(mg2/jpnn)