Facebook Siapkan Sensor ‘Wajah Jelek’ Penggunanya

Karyawan kontrak di Facebook digaji per jam
Ilustrasi
Ilustrasi

Facebook terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan pengggunanya. Situs jejaring sosial terbesar dunia itu akan memberlakukan kebijakan baru soal unggahan foto mandiri atau selfie. Facebook siapkan sensor foto selfie “wajah jelek” yang dinilai memalukan.

Sistem sensor yang disiapkan itu dengan perangkat Artificial Intelligence (Al) yang berfungsi mendeteksi wajah-wajah jelek memalukan di Facebook. Sensor ini bekerja saat pengguna mengunggah foto.

Pihak Facebook melalui juru biacaranya, Yann Le Cun mengatakan sistem ini memiliki kemampuan deteksi wajah-wajah tak diinginkan dan memberi saran kepada pengunggah untuk mempertimbangkan foto yang diunggahnya.

Menurut Yann Le Cun software ini akan bekerja seperti seorang asisten digital bagi pengguna. “Aku membayangkan kau akan punya asisten digital cerdas yang memediasi interaksimu dengan teman dan juga dengan konten Facebook,” kata Le Cun.


Le Cun juga menjelaskan bahwa asisten ini akan melindungi pengguna dari foto unggahan teman yang berpotensi mempermalukan pengguna. Upaya ini dilakukan Facebook untuk memberikan kontrol identitas online kepada setiap penggunanya. (one)