YouTube Bisa Diakses Tanpa Internet

Situs YouTube
Situs YouTube
Situs YouTube

POJOKSATU – Kabar gembira bagi pengguna Android. Dalam waktu dekat, pengguna smartphone akan menikmati layanan situs YouTube tanpa menggunakan akses internet.

Postingan di blog resmi Google Asia Pasifik menyatakan, layanan tersebut baru tersedia di tiga negara, yakni Indonesia, India, dan Filipina.

Menurut Google, ketiga negara tersebut dipilih karena memiliki peranan penting dalam hal mobile internet, ditambah lagi masih sedikit yang berlangganan data dalam jumlah besar, dan koneksi internet yang belum merata.

“Asia membuktikan dirinya sebagai dunia yang sangat mobile dalam hal adopsi smartphone, namun akses data yang kencang dan terjangkau masih menjadi tantangan di wilayah tersebut,” ujar Google dalam postingan blog-nya.


Melalui layanan ini, YouTube akan menyimpan file cached dari video tersebut saat pengguna masih terhubung dengan internet. Video tersebut bisa disimpan dalam perangkat Android selama 48 jam untuk diputar secara offline, sehingga pengguna tetap bisa menikmati video walau offline.

Video-video yang mendukung pemutaran offline akan ditandai dengan ikon khusus yang begitu di-tap, akan menawarkan pilihan kualitas pemutaran video yang bisa dipilih untuk disimpan. (one)