Syauqi Saud Aktornya, Timnas Indonesia Dianggap Tim Paling Fair Play di Piala Asia Futsal 2022

Tindakan fair play pemain Timnas Futsal Indonesia, Syauqi Saud memilih membuang bola ketimbang menjebol gawang Jepang. Foto: twitter/theaseanball
Tindakan fair play pemain Timnas Futsal Indonesia, Syauqi Saud memilih membuang bola ketimbang menjebol gawang Jepang. Foto: twitter/theaseanball

POJOKSATU.ID, KUWAIT – Timnas Futsal Indonesia mendapat pujian sebagai tim paling fair play dengan Syauqi Saud sebagai aktornya, meski disingkirkan Jepang di perempat final Piala Asia Futsal 2022 atau AFC Futsal 2022.


Pada pertandingan di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, Selasa (4/10) malam, Timnas Garuda Futsal kalah dramatis 2-3.

Tapi ada momen di mana Indonesia sebenarnya bisa menyamakan kedudukan, namun karena aksi fair play dari Syauqi Saud membuat kesempatan itu terlewatkan.

Pada laga ini, Indonesia unggul lebih dulu lewat gol Samuel Eko di awal babak kedua.


Delapan menit sebelum laga bubar, Jepang mencetak dua gol dalam waktu satu menit untuk berbalik unggul 2-1.

BACA JUGA : Masih Trauma dan Ketakutan, Lesti Kejora Tak Ingin Lagi Serumah dengan Rizky Billar

Kedua gol Samurai Biru dicetak Sora Kanazawa dan Soma Mizutani.

Lalu pada menit ke-38 atau dua menit jelang akhir laga, Higor Pires menghukum stratego power play Indonesia dengan sepakan jarak jauh dari kiper Jepang itu.

Indonesia masih bisa perkecil ketinggalan menjadi 2-3 lewat sontekan paha Dewa Rizki.

Adapun momen di mana Timnas Indonesia dianggap sebagai tim paling fair play, terjadi pada menit ke-34, saat tertinggal 1-2.

BACA JUGA : PSB Kota Bogor Bersama Suporter Sepakbola Gelar Aksi Nyalakan Seribu Lilin di Stadion Pajajaran

Lewat serangan balik, Syauqi Saud yang sudah membawa bola hingga mendekati area pertahanan lawan memilih menghentikan lajunya.

Ia memutuskan membuang bola karena ada pemain Jepang yang tergeletak di lapangan. Padahal Syauqi sudah posisi one on one dengan kiper Higor Pires.

Pelatih Indonesia, Mohammad Hashemzadeh mendapat kartu kuning setelah tindakan fair play Syauqi itu karena protes sikap pemain Jepang yang dianggapnya pura-pura cedera.

BACA JUGA : 2 Momen Krusial Perempat Final Piala Asia Futsal 2022 Indonesia vs Jepang, Garuda Kalah Sangat Terhormat

Tapi aksi Syauqi mendapat pujian. Akun resmi AFC Asian Cup bahkan memberikan kredit khusus terhadap Timnas Futsal Indonesia.

“Senang sekali Anda berada di #ACFutsal2022, Timnas Garuda Futsal!” cuitan akun twitter AFCasiancup.

Sementara akun twitter The Asean Ball juga memberikan pujian setinggi langit.

“Meski Indonesia kalah dari Jepang di perempat final, para pemain dari negeri sepuluh ribu pulau itu meninggalkan citra permainan yang sangat indah, kekuatan dan yang terpenting, fair play,” tulis akun tersebut.

Terlepas dari dua momen fair play di atas, Timnas Futsal Indonesia sudah menorehkan sejarah di Piala Asia Futsal 2022 dengan menembus perempat final untuk pertama kalinya. (medil/pojoksatu)