2 Momen Krusial Perempat Final Piala Asia Futsal 2022 Indonesia vs Jepang, Garuda Kalah Sangat Terhormat

Pertandingan perempat final Piala Asia Futsal 2022 antara Indonesia vs Jepang di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, Selasa (4/10) malam WIB. Foto: laman The-afc.com
Pertandingan perempat final Piala Asia Futsal 2022 antara Indonesia vs Jepang di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, Selasa (4/10) malam WIB. Foto: laman The-afc.com

POJOKSATU.ID, KUWAIT – Langkah Timnas Futsal Indonesia memang harus terhenti di babak perempat final Piala Asia Futsal 2022 atau AFC Futsal 2022. Itu setelah Tim Garuda kalah dramatis 2-3 dari tim kuat Jepang, Selasa (4/10) malam WIB.


Meski demikian, performa Indonesia menuai banyak pujian setelah membuat repot negara yang sudah tiga kali jadi juara Asia itu.

Pertandingan Indonesia vs Jepang berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, Selasa malam.

Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, Timnas Garuda Futsal unggul lebih dulu pada menit ke-21 atau di awal babak kedua.


Memanfaatkan kesalahan pemain lawan, Samuel Eko dengan tenang menaklukkan kiper Jepang, Higor Pires.

Jepang baru bisa menyamakan kedudukan delapan menit jelang laga bubar atau pada menit ke-32.

BACA JUGA : Bursa Taruhan dan Prediksi Skor Marseille vs Sporting dan Frankfurt vs Tottenham

Sepakan jarak jauh nan keras Sora Kanazawa melewati kolong kiper Indonesia, Muhammad Nizar. Skor sementara Indonesia vs Jepang sama kuat 1-1.

Beberapa detik kemudian, kesalahan pemain Garuda dimaksimalkan betul Soma Mizutani untuk membawa juara Piala Asia 2006, 2012 dan 2014 itu berbalik unggul 2-1.

Dengan pertandingan tersisa delapan menit, Mohammad Hashemzadeh menerapkan strategi power play untuk menyamakan kedudukan.

Memasuki menit ke-34, Indonesia mendapat peluang emas lewat serangan balik. Tapi Syauqi Saud yang sudah membawa bola hingga mendekati area pertahanan lawan memilih menghentikan lajunya.

Ia memutuskan membuang bola karena ada pemain Jepang yang tergeletak di lapangan. Padahal Syauqi sudah posisi one on one dengan kiper Higor Pires.

BACA JUGA : Prediksi Skor Liga Champions Malam Ini : Inter vs Barca dan Bayern vs Plzen

Sebuah tindakan fair play dari Syauqi Saud yang langsung disambut pelukan hangat dari dua pemain Negeri Sakura.

Asyik menyerang dengan power play atau lima pemain sekaligus, membuat Indonesia kembali kecolongan pada menit ke-38.

Sepakan M Iqbal dikuasai Pires dan kiper Jepang itu langsung melepaskan tendangan jauh untuk menjebol gawang Indonesia yang kosong. Jepang gandakan keunggulan 3-1.

Dalam situasi ini, para penggawa Garuda ternyata belum menyerah. Lewat sepak pojok, sontekan Dewa Rizki menggunakan pahanya berhasil memperkecil ketinggalan Indonesia menjadi 2-3.

Saat itu laga terisa tujuh detik dan drama masih berlanjut ketika tendangan Semuel Eko ke tiang jauh diteruskan Rio Pangestu untuk menjebol gawang Pires.

BACA JUGA : Prediksi skor Brugge vs Atletico dan Porto vs Leverkusen, Matchday 3 Grup B UCL

Sayangnya gol itu telat satu detik. Sebab waktu sudah habis sebelum Rio menceploskan bola ke gawang Jepang. Gol tersebut tidak dihitung.

Laga Indonesia vs Jepang berakhir dengan 2-3. Indonesia gugur, namun sudah mencatat sejarah untuk pertama kalinya menembus delapan besar Piala Asia.

Dari laga Indonesia vs Jepang ini, ada dua momen yang membuat Timnas Garuda tersingkir secara terhormat.

Pertama ketika Syauqi Saud memilih membuang bola padahal memiliki kesempatan emas mencetak gol penyama kedudukan, karena ada pemain Jepang tergeletak di lapangan.

Pelatih Indonesia, Mohammad Hashemzadeh mendapat kartu kuning setelah tindakan fair play Syauqi itu karena protes sikap pemain Jepang yang dianggapnya pura-pura cedera.

Tapi aksi Syauqi mendapat pujian. Akun resmi AFC Asian Cup bahkan memberikan kredit khusus terhadap Timnas Futsal Indonesia.

“Senang sekali Anda berada di #ACFutsal2022, Timnas Garuda Futsal!” cuitan akun twitter AFCasiancup.

Sementara akun twitter The Asean Ball juga memberikan pujian setinggi langit.

“Meski Indonesia kalah dari Jepang di perempat final, para pemain dari negeri sepuluh ribu pulau itu meninggalkan citra permainan yang sangat indah, kekuatan dan yang terpenting, fair play,” tulis akun tersebut.

Momen kedua adalah ketika gol Rio tidak dihitung karena terlambat sepersekian detik sebelum waktu pertandingan berakhir.

Terlepas dari dua momen ‘menggemaskan’ di atas, Indonesia sudah menorehkan sejarah di Piala Asia Futsal 2022 dengan menembus perempat final untuk pertama kalinya. Next time pasti lebih baik Garuda! (medil/pojoksatu)