Daftar Peraih Penghargaan Individu di Piala Dunia 2018: Empat Semifinalis Kebagian Gelar

piala dunia 2018, prancis juara dunia
Timnas Prancis juara Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia 4-2 di partai final. (fifa.com)

POJOKSATU.ID, MOSKOW – Final Piala Dunia 2018 Rusia sudah berakhir, dengan Prancis keluar sebagai juara. Sementara Kroasia harus puas sebagai runner-up setelah kalah 2-4 di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB.


Sementara itu untuk penghargaan individu, empat semifinalis (Prancis, Kroasia, Belgia dan Inggris) masing-masing kebagian gelar.

Kapten Timnas Kroasia, Luka Modric dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen empat tahunan edisi Rusia ini.

Peran vital yang dimainkan Modric menjadi kunci Kroasia sukses menembus partai puncak. Tim-tim sekelas Argentina dan Inggris merasakan bagaimana tangguhnya negara berjuluk Vaterni itu dipimpin Modric sebagai playmaker.


Juara Piala Dunia 2018, Ini Jumlah Hadiah yang Dikantongi Prancis

Berdasarkan hasil voting anggota tim Teknis FIFA, memilih Modric sebagai pemain terbaik mengalahkan Eden Hazard (Belgia) dan Antoine Griezmann (Prancis) yang jadi pemain terbaik kedua dan ketiga.

Pemain terbaik Piala Dunia 2018, Luka Modric (Kroasia). (fifa.com)

Sementara bintang muda Prancis, Kylian Mbappe terpilih sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia edisi ke-21 ini. Untuk kategori ini, Tim Teknis menilai pemain yang lahir pada atau setelah 1 Januari 1997.

Baru berusia 19 tahun, Mbappe sudah menunjukkan kualitas nomor wahid sepanjang turnamen di Rusia. Ia pun disamakan dengan legenda Brasil, Pele yang mengangkat trofi Piala Dunia di usia belia.

Pemain muda terbaik Piala Dunia 2018, Kylian Mbappe (Prancis). (fifa.com)

Semifinalis lainnya, Inggris juga punya wakil yang membawa pulang gelad individu. Yaitu sang kapten, Harry Kane menjadi top skorer Piala Dunia 2018 dengan koleksi 6 gol.

Perancis Juara Piala Dunia 2018, Paul Pogba Balas Pengkritiknya, Siapa?

Meski sebagian besar gol Kane dicetak di fase penyisihan grup, namun rival-rival bomber Tottenham Hotspur itu tak mampu mengejar koleksi gol Kane hingga partai puncak.

Dalam daftar ini, Griezman (4 gol dan 2 assist) dan Romelu Lukaku (4 gol dan 1 assist) berada di peringkat dua dan tiga.

belgia vs inggris, piala dunia 2018
Striker Inggris, Harry Kane menjadi top skorer Piala Dunia 2018 dengan raihan 6 gol. (@fifawordlcup/twitter)

Adapun Belgia diwakili sang kiper, Thibaut Courtois mendapat penghargaan kiper terbaik Piala Dunia 2018 atau Golden Glove Award. Hingga edisi 2006, penghargaan ini bernama Yashin Award untuk memberikan penghormatan kepada kiper legendaris, Lev Yashin.

Thibaut Courtois (Belgia) terpilih sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Selain empat penghargaan Individu itu, juga ada penghargaan Fair Play Team yang diberikan kepada Timnas Spanyol. Tim Teknis FIFA memberikan penghargaan ini kepada Tim Matador karena menjadi tim dengan koleksi kartu (kuning dan merah) terendah.

Berikut penghargaan individu Piala Dunia 2018:

Pemain terbaik : Luka Modric (Kroasia)

Top Skorer : Harry Kane, 6 gol (Inggris)

Pemain muda terbaik: Kylian Mbappe (Prancis)

Kiper Terbaik : Thibaut Courtois (Belgia)

Tim Fair Play: Spanyol

Download aplikasi Pojoksatu.id dan dapatkan hadiah menarik setiap hari

(fat/pojoksatu)