Klasemen Akhir Zona CONCACAF: Amerika Serikat Gagal ke Rusia, Australia Tantang Honduras

klasemen akhir zona concacaf, kualifikasi piala dunia 2018, amerika serikat gagal
Honduras merebut tiket play off interkontinental setelah mengalahkan Meksiko 3-2, Rabu (11/10/2017) pagi WIB. (fifa.com)

POJOKSATU.ID, SAN PEDRO SULA–Amerika Serikat secara menyakitkan harus tersingkir di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 usai ditaklukkan tim juru kunci, Trinidad-Tobago. Sementara Honduras merebut tiket play off untuk menghadapi wakil Asia, Australia.

Tiga laga terakhir zona CONCACAF (Amerika Tengah, Utara dan Karibian) pada Rabu (11/10/2017) pagi WIB, banjir kejutan. Tim-tim unggulan menelan kekalahan dari lawan-lawannya.

Meksiko takluk 2-3 dari tuan rumah Honduras, Kosta Rika kalah 1-2 dari Panama serta Amerika Serikat dipermalukan Trinidad-Tobago 1-2.

Bagi Meksiko dan Kosta Rika, kekalahan ini tidak memengaruhi posisi mereka di klasemen akhir zona CONCACAF karena mereka sudah lebih dulu memastikan tiket putaran final Piala Dunia 2018.


BACA JUGA:

Hasil Lengkap dan Klasemen Akhir Zona Conmebol: Argentina Lolos, Chile Tersingkir

Bungkam 10 Pemain Suriah, Australia Wakili Asia Tantang Jagoan CONCACAF

Sial bagi Amerika Serikat, menempati peringkat ketiga (slot terakhir lolos otomatis) sebelum laga, malah menuai kekalahan. Hasil yang membuat mereka terlempar ke posisi kelima (12 poin) sekaligus memastikan anak asuh Bruce Arena gagal ke Rusia.

klasemen akhir zona concacaf, kualifikasi piala dunia 2018, amerika serikat gagal
Trinidad-Tobago yang sebenarnya sudah pasti tersingkir secara mengejutkan mengalahkan Amerika Serikat 2-1, Rabu (11/10/2017) pagi WIB. (fifa.com)

Honduras yang menunjukkan perjuangan hebat mengalahkan Meksiko berhak menempati peringkat ke-4 (13 poin) sekaligus merebut tiket play off untuk menantang wakil Asia, Australia, November mendatang.

Sementara Panama yang secara dramatis mengalahkan Kosta Rika berkat sepasang gol Romano Torres melenggang ke Rusia setelah menempati peringkat 3 (13 poin) di klasemen akhir zona CONCACAF. Meski poin mereka sama dengan Honduras, namun Panama lebih unggul selisih gol.

Dengan demikian zona CONCACAF diwakili Meksiko, Kosta Rika dan Panama yang lolos otomatis ke Piala Dunia 2018, sementara Honduras harus melewati babak play off.

Klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF:

Klasemen akhir zona CONCACAF. (FIFA)

(fifa/fat/pojoksatu)