12 Fakta Menarik Kualifikasi PD 2018: Negara Terkecil, Top Skorer Sampai Keanehan AS dan Swiss

tim debutan, panama, islandia, piala dunia 2018, hasil drawing piala dunia 2018
Islandia menjadi salah satu tim debutan di Piala Dunia 2018 Rusia.(thedivaeatsprata.com)

4. Brasil meraih 41 poin di klasemen akhir zona Conmebol. Capaian ini merupakan yang tertinggi kedua dalam sejarah kualifikasi Piala Dunia negara-negara Amerika Selatan. Juan Sebastian Veron, Ariel Ortega, Hernan Crespo dan Gabriel Batistuta membantu Argentina lolos ke Korea/Jepang 2002 dengan 43 poin.

Setelah Tite mengambil alih kendali Selecao, mereka menjadi tim Amerika Selatan pertama yang memenangkan sembilan laga kualifikasi Piala Dunia berturut-turut.

rekor jerman, timnas jerman, kualifikasi piala dunia 2018
Timnas Jerman.

5. Jerman membukukan selisih gol sensasional 39 gol (43-4) untuk memecahkan rekor sepanjang masa di kualifikasi PD zona Eropa. Anak asuh Joachim Low memenangkan sepuluh pertandingan di babak kualifikasi dan menjadikan mereka satu-satunya tim dari konfederasi manapun yang bisa melenggang ke Rusia dengan catatan sempurna.

6. Belanda mengulangi kegagalan mereka 32 tahun lalu, gagal tampil di dua turnamen besar secara beruntun. Pada Piala Eropa 2016 lalu, Tim Oranye juga absen kini berlanjut ke Piala Dunia 2018.


BACA JUGA: Inilah Daftar 23 Negara yang Lolos Piala Dunia 2018

7. Mesir mengakhiri penantian 28 tahun tampil di Piala Dunia dengan berhasil lolos ke Rusia tahun depan. Sejak terakhir tampil di putaran final Piala Dunia 1990, Negeri Firaun itu terbilang aneh karena selama periode itu mereka empat kali mengangkat trofi Piala Afrika.

8. Lionel Messi dan Luis Suarez menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah kualifikasi PD zona Conmebol. Keduanya sama-sama membukukan 21 gol.

Pada awal babak penyisihan 2018, Messi dan Suarez masing-masing mengoleksi 14 dan 16 gol, di belakang Ivan Zamorano (17), Marcelo Salas (18) dan pemegang rekor Hernan Crespo (19). Tapi kini Messi dan Suarez melampaui rekor para legenda itu.