Tumbangkan Australia 2-0, Jepang Lolos Piala Dunia 2018

Timnas Jepang lolos Piala Dunia 2018 setelah kalahkan Australia di fase Grup B (efpnfc.com)

POJOKSATU.id, SAITAMA – Jepang mengikuti jejak Iran lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia setelah mengandaskan Australia dengan skor telak 2-0 di Midoriku Stadium, Saitama, Jepang, Kamis (31/8/2017) tengah malam WIB.

Jepang menjadi pemuncak Grup B setelah membukukan nilai 20 dari sembilan laga yang dilakoninya. Meski menyisakan satu laga, namun Jepang tetap lolos karena tidak akan dikejar oleh penguntitnya, yakni Arab Saudi (16 poin) dan Australia (16 poin).

Takuma Asano dan Yosuke Ideguchi menjadi pahlawan kemenangan Jepang di laga penentuan tersebut lewat masing-masing golnya.


Takuma mencetak gol di akhir paruh pertama, sedangan gol kedua dicetak Yosuke memanfaatkan umpan dari Genki Haraguchi pada menit ke-82.

Sebelumnya, wakil Asia lainnya, Iran juga memastikan lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia setelah tampil sebagai juara Grup A.

Keberhasilan ini membuat Jepang telah enam kali bermain pada turnamen tertinggi di dunia itu. Mereka pertama kali masuk ke Piala Dunia pada 1998 di Prancis. Prestasi terbaik mereka adalah lolos ke babak 16 besar. Sedangkan Piala Dunia 2014 lalu di Brasil, mereka tak lolos dari babak penyisihan grup.

Dengan lolosnya Jepang, sejauh ini baru ada tiga negara yang berhasil memastikan tempat di Rusia yaitu Brasil, Iran, dan Jepang. Satu lainnya adalah milik tuan rumah.

(jpg/qur/pojoksatu)