Ezra Walian Berharap PSSI Segera Tuntaskan Persoalan Administrasinya di AFC

indonesia vs kamboja, indonesia tantang malaysia, sea games 2017, semifinal sea games
Ezra Walian foto:ist

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemain PSM Makassar Ezra Walian berharap PSSI bisa segera menyelesaikan persoalan administrasinya di Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).


Diketahui, Ezra Walian, yang dinaturalisasi menjadi WNI pada 2017, tidak diperkenankan berlaga di AFC dan FIFA karena terganjal masalah administrasi soal statusnya yang pernah memperkuat tim nasional junior Belanda kompetisi UEFA.

Persoalan tersebut mencuat ke permukaan saat timnas U-23 Indonesia menjalani Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam pada 2019.


Pemain kelahiran Belanda itu pun tidak bisa membela klubnya PSM Makassar di Piala AFC 2020. Dia juga tidak dapat berlaga untuk timnas Indonesia di pertandingan serta turnamen resmi AFC dan FIFA.

“Semoga PSSI bisa memecahkan masalahnya. Mudah-mudahan mereka bisa melakukan sesuatu,” katanya.

PSSI sebenarnya sudah berupaya untuk memperjuangkan nasib Ezra hingga ke FIFA, namun sampai saat ini belum ada titik terang.

“Saya berharap bisa bermain kembali untuk timnas dan mempersembahkan trofi. Kalau di AFC, kami sedang fokus ke sana. Sayang saya tidak bisa bermain tetapi saya tentu mendukung tim,” ucapnya.

Ezra Walian lama menghabiskan karir di Belanda. Dia sempat membela tim nasional U-15, U-16 dan U-17 Belanda. Di timnas U-17 Belanda, Ezra tampil di Kualifikasi Piala Eropa UEFA U-17 pada 2013.

Setelah dinaturalisasi, Ezra merumput untuk timnas U-23 dan timnas senior Indonesia yang dilatih oleh Luis Milla. Akan tetapi, persoalan dengan AFC membuat dirinya tidak dapat lagi berada di timnas Garuda sejak 2019.

Pada September 2019, Ezra Walian resmi direkrut oleh PSM Makassar yang berlaga di Liga 1 Indonesia. Dari 14 penampilan di Liga 1 2019, dia mencetak tiga gol.

(jpc/pojoksatu)