TC Timnas Bukan Batal, Tapi Diundur

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong resmi menukangi Timnas Indonesia, Sabtu (28/12/2019). ft/adipojokbogor
Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. ft/adipojokbogor

POJOKSATU.id, JAKARTA – TC timnas senior yang sedianya digelar sejak kemarin (9/2) diundur. Hal ini dikonfirmasi Ketua Umum PSSI Moch. Iriawan.


Meski begitu, ia tidak membeberkan alasan mundur jadwal pemusatan latihan timnas.

Hanya saja, disinyalir persiapan mepet dan adanya beberapa agenda dari klub membuat timnas harus mengalah. Misalnya, Bali United harus melakoni laga melawan Than Quang Ninh besok (11/2) di AFC Cup.

Belum lagi beberapa tim masih menjalani agenda uji coba bersama klub masing-masing.


Lebih lanjut, Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut TC timnas mundur lima hari. Artinya, para pemain akan mulai berkumpul pada 14 Februari.

Selama delapan hari, Stefano Lilipaly dkk akan menjalani TC di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, Nova Arianto membenarkan perkataan Iwan Bule. Karena mundur, Shin Tae-yong disebutkan akan memantau pemain di beberapa pertandingan klub Liga 1 secara langsung.

salah satunya Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada 11 Februari. “Coach Shin akan memantau langsung laga Bali United di AFC,” paparnya.

Lebih lanjut, Nova menuturkan, treatment untuk timnas senior sedikit berbeda. Jika pada timnas U-19 Shin Tae-yong melakukan seleksi dengan banyak pemain, untuk tim senior, mantan pelatih Korsel di Piala Dunia 2018 itu lebih mengamati pemain secara langsung dalam pertandingan.

“TC timnas senior akan dilakukan dua kali, TC pertama coach Shin akan melihat dulu kualitas para pemainnya, baik itu dalam latihan maupun pertandingan,” paparnya.

TC kedua akan dilakukan mendekati pertandingan pada 31 Maret melawan Uni Emirat Arab (UEA) di kualifikasi Piala Dunia. Pada TC kedua tersebut, pemain yang masuk sudah fixed hasil dari pengamatan langsung Shin Tae-yong.

(jpc/pojoksatu)