Ini Pelatih Pengganti yang Sukses di Liga 1 2019

Pelatih Persebaya Aji Santoso
Pelatih Persebaya Aji Santoso

POJOKSATU.id, JAKARTA – Keputusan Persebaya Surabaya dan Persipura Jayapura untuk mengganti pelatih dinilai menjadi langkah yang tepat.


Sebab, bersama Aji Santoso, Persebaya finis di posisi kedua di klasemen dengan perolehan 54 poin.

Mereka mencatatkan 14 kemenangan serta mendapat 12 hasil imbang dan menelan delapan kali kekalahan dari 34 pertandingan.


Hasil ini membuat mereka mendapat kesempatan tampil di ASEAN Club Championship 2020.

Diketahui, sebelumnya tim berjuluk Green Force dipimpin oleh Djadjang Nurdjaman yang kemudian digantikan Wolfgang Pikal.

Namun, di tangan Pikal, Persebaya belum menunjukkan perubahan. Bahkan, tim kebanggaan Bonek itu sempat puasa kemenangan dalam enam laga beruntun. Sampai akhirnya, Persebaya meminang Aji Santoso sebagai nakhoda anyar.

“Alhamdulillah, dengan meteri pemain yang tidak berubah, mereka antusias dengan kehadiran saya. Semua men-support saya. Mulai pemain, staf, terutama manajemen,” kata Aji.

“Akhirnya saya mencoba mencari permasalahan tim ini seperti apa. Setelah saya mendapat satu permasalahan yang mengganggu tim, saya coba benahi pelan-pelan. Intinya seperti itu,” sambungnya.

Sementara itu, Persipura yang sempat terlempar hingga ke zona degradasi perlahan bangkit di tangan Jacksen F. Tiago.

Tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut finis di posisi ketiga dengan total 53 poin. Hanya selisih satu angka dengan Persebaya.

Jacksen mengaku, hasil ini didapat berkat kerja keras semua pemain.

“Kami sudah saling memahami. Saat saya datang, manajemen hanya menargetkan bisa naik ke sepuluh besar. Tetapi dikasih lebih. Ini kerja keras semua pemain juga,” ucapnya.

(jpc/pojoksatu)