Piala AFF U-18: Sudah Berjuang Mati-matian, Indonesia Akhirnya Takluk dari Malaysia

timnas indonesia u-19, kualifikasi piala asia u-19
Timnas Indonesia U-19. (PSSI)

POJOKSATU.id, BINH DUONG – Timnas Indonesia U-18 harus mengakui ketangguhan Malaysia U-18 saat kedua tim bentrok di semifinal Piala AFF U-18 2019. Garuda Nusantara gagal ke semifinal setelah kalah 3-4 lewat pertandingan hingga babak extra time.


Pada pertandingan di Go Dau Stadium, Binh Duong, Vietnam, Sabtu (17/8/2019), Indonesia U-18 sempat dua kali tertinggal sebelum laga berakhir 3-3 di waktu normal. Setelah laga berlanjut ke perpanjangan waktu, Malaysia memasitkan kemenangan lewat gol sundulan Harith Haiqal.

Malaysia unggul lebih dulu pada menit 19 lewat sontekan Afif Afizul setelah sepakan freekick sempat menyentuh pemain belakang Indonesia.

Gol tersebut langsung direspon pemain Indonesia dengan meningkatkan intensitas serangan. Bagus Kahfi dkk mengepung pertahanan Malaysia.


Upaya Garuda Nusantara akhirnya membuahkan hasil jelang akhir babak pertama. Adalah Beckham Putra yang mencetak gol setelah menerima umpan dari Fajar Fathul Rachman. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Malaysia kembali memimpin pada menit 54 setelah sepakan Lukman Hakim dari luar kotak penalti gagal diantisipasi Ernando Eri. Malaysia unggul 2-1.

Setelah itu, pasukan Negeri Jiran Muda kembali bertahan total. Sementara anak asuh Fakhri Husaini menyerang dari segala penjuru.

Akhirnya pada menit 79, Fajar Faturrahman berhasil menyamakan skor setelah penetrasinya dari sisi kanan pertahanan Malaysia diakhiri dengan sepakan datar dari sudut sempit. skor 2-2.

Tiga menit berselang, Garuda Nusantara bahkan mampu membalikkan keadaan lewat aksi individu Salman Alfarid. Indonesia berbalik memimpin 3-2.

Tapi pada menit 84, Alfeandra Dewangga melakukan pelanggaran di kotak terlarang dan Harith Haiqal memaksimalkan hadiah penalti untuk membuat skor menjadi imbang 3-3.

Pertandingan pun kini berlanjut ke babak tambahan waktu 2×15 menit.

Pada babak tambahan, tepatnya menit 97, berawal dari tendangan bebas, Harith Haiqal berhasil menanduk bola dari sudut sempit untuk membawa Malaysia kembali unggul 4-3.

Indonesia mendapat sejumlah peluang untuk menyamakan skor. Seperti sepakan Sutan Zico yang mengenai tiang. Kemudian peuang keduanya dengan situasi serupa, tapi sepakannya melayang di atas mistar gawang Malaysia.

Brylian Aldama juga mendapat peluang bagus, tapi tendangannya dari dalam kotak penalti bisa diamankan kiper Malaysia, Sikh Izhan Nazrel.

D menit terakhir laga, Yudha Febrian mengirim umpan silang ke mulut gawang tapi sundulan Brylian diarahkan memantul ke tanah dan bisa diamankan Sikh.

Malaysia mampu menjaga keunggulan 4-3 hingga laga berakhir dan Indonesia U-18 pun gagal melaju ke final meski sudah berjuang mati-matian sepanjang laga.

(fat/pojoksatu)