Sempat Memimpin, Persib Tumbang di Tangan Persebaya

Persib tumbang ditangan Persebaya dengan skor ketat 2-3 di babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2019 (persib.co.id)
Persib tumbang ditangan Persebaya dengan skor ketat 2-3 di babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2019 (persib.co.id)

POJOKSATU.id, BANDUNG – Persib Bandung menelan kekalahan kedua di babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2019.


Maung Bandung menyerah 2-3 atas Persebaya Surabaya dalam duel bertajuk Super Big Match di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Kamis (7/3/2019) petang WIB.

Pasukan Miljan Radovic sendiri sempat memimpin lewat gol Erwin Ramdani, namun Bajul Ijo berhasil membalikkan keadaan untuk kemudian memertahankan keunggulan mereka hingga peluit akhir dibunyikan wasit.


Dengan hasil positif ini, skuat besutan Djajang Nurjaman pun makin kokoh di puncak klasemen Grup A dan berpeluang melaju ke fase berikutnya.

Sementara Persib mengalami situasi sulit bahkan kans untuk lolos ke fase knock-out nyaris tertutup, apalagi jika TIRA-Persikabo mampu menang atas Perseru Serui.

Pertandingan dua ‘kawan’ itu sendiri berlangsung sengit dan menarik sejak wasit meniup peluit kick-off tanda pertandingan dimulai.

Persib tampil menekan sejak menit awal lewat kreasi serangan yang dikonstruksi Gozali Siregar dan Esteban Vizcarra.

Persib mendapat peluang di menit 10. Namun, crossing manja Erwin gagal dikonversi sempurna N’Douassel karena dikawal empat palang pintu lawan.

Jual beli serangan tercipta dalam 15 menit pertama, dan Persib akhirnya mampu menjebol gawang Persebaya setelah Erwin mampu meneruskan umpan cerdas N’Douassel di mulut gawang.

Persebaya pun langsung merespon gol Erwin dengan meningkatkan tensi serangan. Alhasil, enam menit berselang, Persebaya mampu menyamakan kedudukan kewat sepakan Jalilov yang berdiri bebas di depan gawang M. Natshir.

Bajul Ijo pun berbalik menguasai jalannya pertandingan lewat serangan balik yang cepat. Damian bahkan nyaris membalikkan keadaan jelang turun minum, namun sepakannya masih mampu dimuntahkan kiper Persib.

Sementara Persib sendiri punya kans untuk kembali memimpin di menit 44 setelah Hansamu nyaris mencetak gol bunuh diri saat coba menyundul bola set-piece.

Persib kembali mendapat peluang di menit 45+1, namun gagal dimanfaatkan N’Douassel, sehingga babak pertama berakhir dengan skor sementara sama kuat 1-1.

Memasuki interval kedua, Persebaya berinisiatif menekan lewat pergerakan di kedua sayap. Alhasil, Jalilov mampu membalikkan keadaan setelah terbebas dari kawalan di depan gawang lawan.

Gol tercipta diawali sebuah umpan terobosan lambung cantik yang berhasil mengecoh barisan pertahanan Persib. Jalilov yang mendapatkan bola mengontrol sebentar untuk kemudian melesakkan ke gawang M. Natsir yang sudah dalam posisi terkecoh.

Persib coba merespon dan di menit 70 N’Douassel nyaris menyamakan kedudukan jika tandukannya gagal ditepis Rohim.

Terus menekan, Persib justru kembali ketinggalan, kali ini lewat aksi brilian Irfan Jaya. Menguasai bola di tepi kotak penalti dan menggiring bola, penggawa timnas itu mengecoh dua pemain sebelum menaklukkan kiper Persib.

Tak ingin seumur jagung berlaga di pentas pramusim itu, Persib terus meningkatkan tensi serangan. Mereka pun kembali dihampiri asa setelah pemain pengganti, Frets Butuan mampu memperkecil ketertinggalan setelah mencetak gol cantik di menit 86.

Menyambut umpan crossing Beckham Putra, mantan pemain PSMS Medan itu dengan tenang melesakkan sepakan di hadapan kiper Persebaya.

Sayang, Persib harus menerima kenyataan pahit karena hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, mereka gagal mengejar ketertinggalan