Mitra Kukar Degradasi, RD Ogah Cari Kambing Hitam!

Rahmad Darmawan - Pelatih Mitra Kukar
Rahmad Darmawan.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mitra Kukar gagal memertahankan keterlibatannya di kompetisi kasta tertinggi tanah air, Liga 1 setelah terdegradasi ke Liga 2 tahun depan.


Skuat besutan Rahmad Darmawan itu finis di urutan 16 setelah tumbang 1-2 di laga pamungkas pekan 34 atas Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (9/12/2018) petang WIB.

Kekalahan Mitra Kukar itu pun sekaligus memastikan titel juara buat Persija Jakarta yang finis di puncak klasemen akhir.

Sang pelatih, RD pun menegaskan hasil buruk Naga Mekes musim ini mutlak kesalahannya. RD bahkan mengucapkan terima kasih kepada para pemain yang telah berjuang keras meski gagal menuai hasil yang diinginkan.


“saya sampaikan juga kepada pemain bahwa mereka sudah memberikan yang terbaik, karena mutlak hal ini adalah salah saya sebagai pelatih,” tutur RD seperti dikutip dari Goal.

Di kesempatan itu, RD menyampaikan ucapan selamat untuk mantan klubnya, Persija Jakarta atas titel juara musim ini.

“Saya mengucapkan selamat kepada Persija, yang telah menjuarai Liga 1 2018, yang ditentukan lewat pertandingan ini. Terima kasih untuk semua pemain Mitra Kukar yang sudah memberikan sikap yang baik untuk laga ini,” ungkapnya.

Di laga itu sendiri, RD menilai, timnya mampu memberikan perlawanan sengit kepada tuan rumah. Mitra Kukar bahkan nyaris menyamakan kedudukan jika sepakan Fernando Rodriguez dari titik putih tidak gagal.

Meski gagal menjalankan tugasnya, RD tetap tak mau menyalahkan pemain secara individu. “Mereka tidak usah saling menyalahkan dan merasakan apa pun, karena semua, saya yang ambil alih tanggung jawabnya. Jelas kami semua sangat sedih, kalau sedihnya seperti apa, yang pasti kami sangat sedih,” tuturnya.

“Tugas penalti memang sudah kami serahkan kepada Fernando, dan kedua Septian David. Tapi kalau penalti tidak masuk, itu bisa terjadi kepada siapa saja, bahkan Ronaldo dan Messi sekali pun,” imbuhnya.

(qur/pojoksatu)