Akhirnya, Kemenpora (Janji) Guyur Dana untuk Timnas U-16 Indonesia

Timnas U-16 Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2018 (jawapos.com)
Timnas U-16 Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2018. (jawapos.com)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Setelah ramai diberitakan sikap Kemenpora yang seakan menganaktirikan perjuangan Timnas U-16 Indonesia di ajang Piala AFF U-16 2018 karena menolak proposal pengajuan dana, Kemenpora akhirnya menggelontorkan dana untuk skuat Garuda Asia itu.


Dikutip dari Goal, Kemenpora akan mengguyur skuat besutan Fakhri Husaini dengan bantuan dana sebesar Rp1,5 miliar.

Bantuan tersebut nantinya akan digunakan sebagai persiapan Timnas U-16 Indonesia yang akan berjuang di Piala Asia U-16 2018 di Malaysia pada September mendatang.


“Nilainya total Rp26,77 miliar berasal dari APBN, yang kami berikan pada PSSI khusus 2018. Rinciannya terdiri dari tim putra bernilai Rp10,188 miliar, tim putri senilai Rp9,188 miliar. Itu untuk persiapan atlet Asian Games yang sudah diberikan sebesar 70 persen,” tutur deputi IV bidang peningkatan prestasi, Mulyana.

“Kami juga berikan bantuan kualitas dan kapasitas tenaga keolahragaan khususnya dalam hal meningkatkan kualitas wasit dan pelatih sebesar Rp5,9 miliar dan sudah kami berikan,” sebutnya.

“Khusus Timnas U-16, kami memang tidak berikan bantuan pada saat Piala AFF U-16. Tapi karena sudah juara, kami berikan Rp1,5 miliar untuk kesiapan atlet di Piala Asia,” ujarnya.

Akan tetapi, sambung Mulyana, bantuan tersebut tak bisa langsung cair. Mengingat, ada proses yang harus dilewati agar dana itu bisa dicairkan.

“PSSI bisa mengajukan proposal terkait permintaan dana persiapan Rp1,5 miliar tersebut,” tandasnya.

(qur/pojoksatu)