Pemain Indonesia Makin Diminati Klub Liga Super Malaysia

Andik Vermansah - Selangor FA (mediaselangor via sepakbola.com)
Andik Vermansah saat masih berkostum Selangor FA.(mediaselangor via sepakbola.com)

POJOKSATU.id, SURABAYA – Kurun beberapa tahun terakhir banyak pesepakbola tanah air yang berkarir di kompetisi luar negeri, khususnya di Asia dan Asia Tenggara.


Malaysia merupakan destinasi karir pesepakbola asal Indonesia yang paling dominan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Sebut saja Bambang Pamungkas, Ellie Aiboy, dan lainnya serta sederet nama pendahulunya, seperti Rochy Putiray yang berkarir di klub Hongkong.

Terbaru, bintang muda Bhayangkara FC, Evan Dimas Darmono tinggal selangkah lagi ke Selangor FA, mantan klub Andik Vermansah yang akhir musim ini kembali pulang ke tanah air.


Andik sendiri membeberkan terkait transfer para pemain Indonesia ke Malaysia. Disebutkan dia, musim depan akan ada tujuh pemain Indonesia yang merumput di Liga Super Malaysia.

“Ada banyak pemain-pemain muda Indonesia yang dilirik tim Malaysia. Kalau menurut feeling saya, ada lima sampai tujuh pemain yang akan bermain di Liga Malaysia. Semuanya masih berusia muda,” tutur Andik kepada Jawapos.

Andik tahu kabar tersebut karena ia mengaku kerap dimintai saran dan pendapatnya oleh pemain yang mendapat tawaran bermain di Malaysia.

“Mereka bertanya banyak hal. Mulai dari atmosfer kompetisi hingga kultur sepak bola dan masyarakatnya,” katanya.

“Tapi mohon maaf, saya tidak bisa menyebutkan nama-namanya,” ucap mantan penggawa Persebaya Surabaya ini.

Andik pun memberikan support kepada para penerusnya yang akan segera berkarir di Malaysia. Menurut dia, kultur kompetisi di sana tidak jauh beda dengan di tanah air.

“Saya juga katakan agar mereka menjaga sopan santun di negeri orang. Sebab itu yang membuat orang lain respek dengan kita,” imbuhnya.

(jpc/qur/pojoksatu)