Pakai Pelatih Asing, Timnas Indonesia Terganjal Masalah Ini

luis fernandez, timnas indonesia, Timnas Indonesia Terganjjal Masalah Ini
Kandidat kuat pelatih Timnas Indonesia, Luis Fernandez.

POJOKSATU.id, JAKARTA–Timnas Indonesia dipastikan akan ditangani oleh pelatih asing. Dua kandidat sudah diumumkan yaitu Luis Fernandez dan Luis Milla. Namun keputusan memilih pelatih asing ini menemui masalah.

Menurut Wakil ketua umum PSSI, Iwan Budianto pelatih timnas Indonesia tidak akan menetap lama di Tanah Air, hanya 10 atau 20 hari.

BACA JUGA:
Piala Dunia 48 Negara, Bagaimana Peluang Indonesia?
500 Pesepakbola Premier League Siap Ungkap Identitas Sebagai Gay

Pernyataan Iwan ini tentu jadi kendala dan bertentangan dengan program PSSI yang berencana menggelar program latihan jangka panjang untuk skuat timnas Indonesia agar dapat menorehkan prestasi gemilang di kancah intenasional.


Mengantisipasi hal tersebut, PSSI akan meminta pelatih yang ditunjuk memakai asisten pelatih asal Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk mengisi kekosongan bila sewaktu-waktu pelatih itu pergi meninggalkan Tanah Air.

“Kalaupun dia punya kontrak, saya rasa itu tidak masalah. Masalah ini juga yang sedang kami bicarakan. Biasanya pelatih tim nasional asing itu hanya sepuluh atau 20 hari di sini,” kata Iwan.

“Kami ingin dia [pelatih] memasukan asisten pelatih lokal. Kami inginnya dia juga membawa satu asisten pelatih asing,” tambah pria yang juga menjabat sebagai CEO Arema FC ini.

Saat ini Fernandez memang tidak lagi menjabat sebagai pelatih di mana-mana. Namun, pria berusia 57 tahun tersebut mempunyai kesibukan menjadi pundit di stasiun televisi dan radio yang berada di Prancis.

Sementara, Milla kini berstatus pengangguran setelah Real Zaragoza memecatnya pada Oktober 2016. Sebelum membesut Zaragoza Milla pernah menukangi klub Uni Emirat Arab, Al Jazira, dan membawa timnas Spanyol U-21 menjadi juara Piala Eropa U-21 2011 lalu.

(fat/pojoksatu)