Achmad Kurniawan, Kiper Cadangan yang Jadi Pembakar Semangat Arema

achmad kurniawan, arema cronus, Kiper Cadangan yang Jadi Pembakar Semangat Arema
Achmad Kurniawan (kiri) ketika membela Arema Cronus -kini Arema FC- saat berhadapan dengan Bhayangkara FC. Foto Wahyu/Jawa Pos

POJOKSATU.id, MALANG–Kiper legendaris Arema Cronus, Achmad Kurniawan telah berpulang. AK, begitu ia akrab disapa meninggal dunia, Selasa (10/1) sore.

Bagi sebagaian besar petinggi Arema, sosok AK patut jadi panutan. Meski bukan jadi pilihan utama di Arema Cronus, AK tak berkecil hati. Ia tetap tekun latihan.

BACA JUGA:
Jenazah Achmad Kurniawan Diterbangkan ke Tangerang, Arema FC Berduka
Ini Penyakit Achmad Kurniawan sebelum Meninggal, Sempat Minta Dipijit Istri

Demikian dikatakan salah satu pendiri Arema, Ovan Tobing. Menurutnya Achmad Kurniawan adalah kiper ajaib. Dirinya menyebutkan jika AK adalah kiper nomor tiga dengan performa nomor satu di Arema.


“AK ini tidak pernah mengeluh dimana dia ditempatkan, dari penjaga gawang pertama kemudian geser kedua dan geser lagi ketiga. Tetapi ketika Arema membutuhkan penjaga gawang, AK selalu siap secara mental untuk dimainkan,” tegas Ovan.

“AK adalah penjaga gawang terbaik dalam usianya yang bermain di Indonesia, dia siap memberikan performa kelas satu meskipun datang dari posisi ketiga,”

Konon, AK juga jadi pembakar semangat Arema. Ketika tim berjuluk Singo Edan itu tampil buruk maka AK akan menemui Ovan Tobing agar dirinya memarahi pemain.

“Dia datang kepada saya dan bilang, ‘Om marahi pemain saja om, ini bukan Arema, ini bukan kita’, sebuah ungkapan yang cukup dalam yang menggambarkan bagaimana AK dengan Arema dan loyalitasnya,”

Ovan pun menyatakan duka yang cukup mendalam atas meninggalnya AK. Dirinya menyanjung jika sang pemain sudah sangat luar biasa.

“AK sudah melalui perjuangan keras untuk gawangnya Arema, tetapi dia ternyata harus berjuang untuk mempertahankan nyawanya, tetapi yang Maha Kuasa Allah telah menentukan garisnya, terima kasih untuk AK,” pungkasnya.

(fat/pojoksatu)