Demi FIFA, Djohar Arifin Minta Kongres PSSI Diundur

kisruh pssi, pssi, kongres pssi, djohar arifin, kongres pssi diundur
PSSI sudah siap menetukan jadwal kick-off Liga 1 dan Liga 2. Foto via @masterando.jpg

POJOKSATU.id, JAKARTA–Kejutan demi kejutan terus mewarnai jelang pelaksanaan Kongres PSSI. Setelah Kemenporan dan perwakilan PSSI secara mendadak memutuskan memindahkan lokasi kongres dari Makassar ke Jakarta, kali ini muncul wacana pengunduran pelaksanaan kongres.

Hal itu disampaikan salah satu calon Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin. Ia menyarankan agar Kongres PSSI diundur waktunya. Itu terkait keputusan pemindahan lokasi Kongres PSSI dari Makassar di Jakarta sesuai jadwal yakni 17 Oktober 2016.

BACA JUGA:
Siap-siap, Manchester United Bakal Kehilangan Zlatan Ibrahimovic!
Cristiano Ronaldo Selalu Ingin Menang Sendiri!

Djohar khawatir jika Kongres tetap dipaksakan pada 17 Oktober dengan lokasi berbeda, tak akan mendapat pengakuan dari FIFA.


“Ini jelas menyalahi aturan FIFA. Akan sangat sia-sia jika ternyata Kongres PSSI yang sudah memilih pengurus baru tak mendapatkan legitimasi FIFA,” ucap Djohar dilansir CNN Indonesia.

Sebelumnya, menurut pria yang pernah menjabat Ketum PSSI periode 2011-2014 itu, telah disepakati dalam Kongres PSSI di Hotel Mercure, Jakarta, Kongres akan digelar di Makassar.

Mekanisme itu, ia melanjutkan, juga sesuai Statuta FIFA yang ditetapkan di rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI dan diteruskan di Kongres.

“Ini tidak semudah membalikkan telapak tangan karena di atas kertas sudah disetujui dan ditetapkan Kongres PSSI 17 Oktober berlangsung di Makassar,” terang Djohar.

Pengurus PSSI diwakili Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan dan Sekjen PSSI Azwan Karim juga telah menemui Menpora RI Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Rabu (12/10).

Dalam pertemuan itu seperti diterangkan Deputi IV Bidang Prestasi Olahraga Gatot S Dewa Broto, Kongres PSSI akan dipindah ke Jakarta.

Sementara PSSI melalui keterangan Azwan, akan menkonsultasikan masalah ini kepada FIFA. Exco PSSI juga masih membahas perpindahan lokasi Kongres PSSI dalam rapat Kamis (13/10) malam ini.

(cnn/fat/pojoksatu)