Resmi Diluncurkan, Klub ISL Berlaga di ISC

isc, indonesia soccer championship
Peluncuran Indonesia Soccer Championship.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pencabutan pembekuan PSSI masih tarik ulur, namun kompetisi baru sudah resmi di-launching Jumat (26/2/2016) kemarin. Ajang bernama Indonesia Soccer Championship (ISC) itu akan bergulir mulai 15 April.

Kompetisi yang semula akan dinamai Indonesia Super Competition tersebut dijalankan PT Gelora Trisula Semesta (GTS). PT GTS merupakan perusahaan independen. Artinya, tidak berafiliasi dengan PSSI maupun PT Liga Indonesia (LI), operator kompetisi strata teratas sebelumnya: Indonesia Super League (ISL).

Menurut Joko Driyono, direktur utama PT GTS, pihaknya telah merencanakan enam agenda penting untuk menjaga pembinaan sepak bola tanah air. Antara lain ISC-A untuk 18 klub eks ISL serta ISC-B untuk 59 peserta eks Divisi Utama. Selain itu, ada ISC-A Under 21, Liga Nusantara, Kompetisi Piala Suratin untuk U-17, serta Piala Presiden.

”Apa yang kami lakukan ini adalah hasil dari keinginan klub serta semangat dari publik sepak bola Indonesia,” ujar Joko di Park Lane Hotel, Jakarta, kemarin (26/2).


ISC-A rencananya bergulir pada 15 April sampai 18 Desember 2016. Sedangkan ISC-B yang seluruh pesertanya berasal dari Divisi Utama akan bergulir delapan hari kemudian. Kompetisi lainnya akan dibahas lebih lanjut setelah dua kompetisi besar itu digelar.