Tanpa PSSI, Inilah Kompetisi Baru yang Segera Digelar PT Liga Indonesia

bali island cup, persib bandung, arema cronus
Ilustrasi.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pertemuan PT Liga Indonesia dengan 18 klub ISL di Jakarta, Sabtu (16/1/2016) sore tadi menghasilkan kesepakatan penting. Yaitu, PT Liga Indonesia akan menggelar kompetisi lagi.
Tapi kali ini bukan Indonesian Super League (ISL), melainkan diberi nama Indonesia Super Competition (ISC).

Pergantian nama kompetisi ini terpaksa dilakukan PT Liga Indonesia demi menghilangkan embel-embel PSSI. Seperti diketahui ISL yang dilaksanakan PT Liga Indonesia merupakan produk PSSI.

Sebelumnya BOPI menolak memberi rekomendasi ISL 2016 karena PT Liga Indonesia tidak mau berkoordinasi dengan Tim Transisi.

Meski demikian format ISC tidak beda dari ISL. Tapi setelah berganti menjadi ISC, PT Liga Indonesia lebih leluasa karena hajatan itu mereka sendiri yang menggelar.


“PSSI memberi keleluasan kepada PT Liga dan klub ISL berkompetisi tanpa mereka. Tanpa PSSI berarti kendali tidak di PSSI, sehingga soal wasit, komisi disiplin, hingga komisi banding, PT Liga Indonesia yang akan membentuknya,” ujar Joko Driyono, CEO PT Liga, usai memimpin pertemuan.

Oleh karena ISC bukan properti milik PSSI, maka PT Liga Indonesia juga lebih leluasa ketika diperintahkan BOPI untuk meminta rekomendasi pelaksanaan ISC ke Tim Transisi. Indonesia Super Competition (ISC) rencananya bergulir mulai Maret hingga November 2016.

(fat/pojoksatu)