Petinggi Barcelona Temui Xavi, Sudah Siap Pecat Valverde?

Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez yang kini melatih klub Qatar, Al Sadd.
Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez yang kini melatih klub Qatar, Al Sadd.

POJOKSATU.id, JEDDAH – Perjalanan ke Arab Saudi untuk tampil di Piala Super Spanyol 2019, dimanfaatkan petinggi Barcelona untuk bertemu dengan Xavi Hernandez. Mantan kapten Barca itu digadang-gadang bakal menggantikan posisi Ernesto Valverde sebagai pelatih Blaugrana.

Dkutip Pojoksatu.id dari Barcablaugranes.com sejumlah pejabat Barcelona dikabarkan bertemu dengan pelatih Al Sadd itu untuk membahas peran manajerial.

Laporan tersebut muncul menyusul penampilan Barcelona yang masih jauh dari harapan. Terbaru, Barca dari Atletico Madrid pada semifinal Piala Super Spanyol karena barisan pertahanan yang kurang bersemangat.

Diskusi konvensional seputar mantan kapten Barca itu selalu bahwa ia akhirnya akan menjadi manajer Barcelona. Namun, Xavi mengambil alih tim Barcelona ini khususnya di pertengahan musim akan terasa aneh.


Orang bisa berasumsi ini adalah pertemuan tentang upaya untuk menjadikan Xavi manajer masa depan jangka panjang klub. Mungkin setelah musim ini berakhir, tanggung jawab itu akan diserahkan ke Xavi.

Namun spekulasi berkembang bahwa pertemuan Direktur olahraga Barcelona, Eric Abidal, dan CEO Oscar Grau dengan Xavi di Qatar, Jumat (10/1/2020) kemarin. Mereka mendiskusikan posisi pelatih klub ke depannya.

Xavi bukan sosok asing bagi Barcelona. Mantan pemainnya itu berjasa banyak, dengan mempersembahkan 25 trofi, termasuk 9 trofi Liga Spanyol dan 4 gelar Liga Champions, semasa menjadi pemain Los Cules pada 1998-2015.

Eks pemain Timnas Spanyol itu meninggalkan klub pada 2015, dan melanjutkan karier bersama Al Sadd hingga pensiun. Kini, pria berusia 39 tahun itu menjadi pelatih Al Sadd.

(fat/pojoksatu)