Barcelona Paling Boros Gaji Pemain, Semusim Habiskan Dana Segini

Barcelona saat juara La Liga musim 2017/18
Barcelona saat juara La Liga musim 2017/18

POJOKSATU.id, CATALUNYA – Barcelona menjadi klub Liga Spanyol yang paling besar mengeluarkan anggaran untuk menggaji pemainnya dalam setahun.


Dikutip dari Diario AS, selama dua musim terakhir, Barca menjadi klub yang paling besar mengeluarkan anggaran untuk gaji pemain, yakni sebesar EUR 633 juta atau setara Rp10,8 triliun.

Besarnya gaji pemain Barca sendiri tidak terlepas dari tingginya gaji per pemain. Untuk menggaji Lionel Messi seorang saja, Los Cules harus menguras isi brankas sebesar EUR 40 juta atau setara Rp687 miliar per tahun, belum lagi Luis Suarez dan pemain pilar lainnya yang nilainya juga besar.

Pengeluaran Barca tersebut lebih besar EUR 66 juta atau setara Rp1,1 triliun dari pengeluaran Real Madrid untuk menggaji seluruh pemainnya atau sekitar EUR 566 juta atau setara Rp9,7 triliun.


Sementara diperingkat ketiga klub yang paling besar menggaji pemain adalah Atletico Madrid, yakni sebesar setengah dari jumlah Barcelona atau sekitar EUR 293 juta atau setara Rp5 triliun.

Sedangkan klub La Liga yang paling irit pengeluaran bulanannya untuk gaji pemain adalah Real Valladolid, yang hanya menghabiskan EUR 23 juta atau setara Rp395 miliar.

Sekaitan dengan hal itu, operator La Liga sendiri akan mengeluarkan batasan nilai gaji yang boleh diterima pemain di klub, termasuk batasan soal besaran gaji pelatih dan stafnya.

(qur/pojoksatu)