Rusuh Catalunya, Pertandingan Barcelona vs Las Palmas tanpa Penonton

RUSUH - Kerusuhan di wilayah Catalunya akibat referendum membuat laga Barcelona kontra Las Palmas malam ini digelar tanpa penonton (as.com)

POJOKSATU.id, CATALUNYA – Federasi Sepakbola Spanyol atau LFP tidak mengabulkan permintaan Barcelona yang meminta pertandingan kontra Las Palmas pada lanjutan La Liga pekan ketujuh diundur.

Meski begitu, pertandingan yang digelar malam ini WIB, Minggu (1/10/2017) digelar tanpa penonton sebagai buntut kerusuhan pengambilan suara referendum Catalonia yang juga digelar hari ini waktu setempat.

Wilayah Catalunya hari ini memang dalam siapa satu setelah terjadi rusuh di seantero tempat buntut digelarnya referendum dalam upayanya memerdekakan diri dari Spanyol.

Sejumlah warga setempat terlibat bentrok dengan aparat keamanan Spanyol yang mendapat instruksi dari otoritas Spanyol untuk menggagalkan jalannya referendum tersebut.

Petugas bertindak represif sehingga mengakibatkan puluhan pengunjukrasa mengalami luka-luka dan beberapa di antaranya ditangkap.

Situasi di Catalunya dikabarkan memanas, dengan beberapa media bahkan mengabarkan banyak orang terluka akibat tindakan represif dari pihak aparat Spanyol dan oleh karena itu Barca sempat meminta pihak LFP untuk menunda laga kontra Las Palmas.

Barcelona sendiri telah menyatakan keprihatinannya atas insiden kerusuhan tersebut lewat akun resminya di media sosial.

“FC Barcelona mengutuk kejadian yang terjadi di sebagian besar wilayah Catalunya hari ini yang dilakukan untuk menghentikan kebebasan masyarakat dalam berdemokrasi,” demikian isi pernyataan klub seperti dilansir Goal.

“Menimbang kejadian yang luar biasa ini, Dewan Direksi telah memutuskan bahwa laga tim utama Barcelona melawan Las Palmas akan tetap dimainkan tanpa penonton menyusul penolakan Liga Sepakbola Profesional (LFP) untuk menunda pertandingan,”

(qur/pojoksatu)