Enrique Dukung Pengizinan Bendera Katalunya di Copa Del Rey

cristiano ronaldo, lionel messi, barcelona, real madrid, luis enrique, Setop Bandingkan Ronaldo dan Messi
Luis Enrique (Barcelona)

POJOKSATU.id, MADRID – Pertanyaan soal polemik Estelada di final Copa Del Rey 2016 akhirnya sampai juga ke pelatih Barcelona, Luis Enrique. Dengan gaya bicaranya yang datar, Enrique menganggap keputusan Mahkamah Tinggi Spanyol yang mengizinkan pengibaran Estelada dalam laga antara Barcelona dan Sevilla di Vicente Calderon, Madrid, merupakan penghormatan terhadap kebebasan berekspresi.

“Ada beberapa hal yang mengejutkan saya di negara ini,” ujar Enrique dalam konferensi pers menjelang final Piala Raja seperti dipetik dari AS. “Pada akhirnya, itu (keputusan) adalah penghancuran untuk menghormati logika semua orang tentang kebebasan bereksepresi.”

Jawaban tersebut rupanya tak memuaskan jurnalis. Ketika ditanya apakah Enrique akan menolak bermain di final Piala Raja jika Presiden Barcelona melarangnya, mantan pelatih AS Roma dan Celta Vigo ini mengaku tidak suka mencampurkan politik dan sepakbola.

“Jika saya menyukai sebuah bendera, warna, itu adalah masalah respek dari masing-masing pribadi. Barca lebih dari sekadar klub bukan hanya untuk publik Katalunya, tapi juga untuk fan dari Andalusia, Asturia, Inggris, dan juga Jepang dengan pikiran mereka masing-masing,” ujar Enrique.


Memenangi Copa Del Rey di Calderon, Minggu (22/5) atau Senin dini hari wib akan menjadi gelar penutup bagi Enrique. Namun, Enrique masih mendapat kritik karena klub sekelas Barcelona seharusnya tak boleh kehilangan Liga Champions. “Akan ada waktunya ketika gelar tidak bisa diraih den ketika itu didapat akan menjadi penilaian untuk musim yang sudah berjalan,” kata Enrique.

(her/pojoksatu)