Meski Estelada Dilarang, Presiden Barcelona Tetap Hadiri Final Piala Raja

POJOKSATU.id, BARCELONA – Juru bicara Barcelona, Josep Vives, mengumumkan bahwa Presiden klubnya, Josep Maria Bartomeu, akan menghadiri laga final Piala Raja di Vicente Calderon, Madrid, Minggu (22/6) atau Senin dini hari wib. Keputusan ini menepis dugaan bahwa Bartomeu menolak hadir dalam laga final antara Sevilla dan Barcelona di markas Atletico Madrid itu karena pelarangan pengibaran Estelada saat pertandingan.

“Bartomeu akan berangkat bersama tim dan akan berada di Stadion (Vicente Calderon). Namun, hal ini bergantung pada perkembangan dalam beberapa hari terakhir,” ujar Vives seperti dipetik dari Marca.

Sebelumnya, Barcelona telah mengajukan gugatan atas keputusan pemerintah regional Madrid yang melarang penggunaan Estelada dalam laga Barcelona versus Sevilla. Pelarangan ini menimbulkan pro dan kontra karena setiap pihak memiliki argumennya sendiri.

“Kami telah mengajukan banding ke Mahkamah Tinggi dan kami merasa keputusan (pelarangan Estelada) akan memperburuk atmosfir dengan bertambahnya tensi pertandingan,” ujar Vives.


Bagi pendukung Barcelona, pelarangan Estelada adalah bentuk pengekangan kebebasan berekspresi. Sebaliknya, pihak lain menganggap pengibaran Estelada di Vicente Calderon merupakan simbol perusakan persatuan Spanyol. Dengan berkembangnya isu kemerdekaan Katalunya, simbol-simbol seperti Estelada dipandang sebagai upaya melawan Spanyol.

(her/pojoksatu)