Juventus Potong Gaji Pemain, Ronaldo Kehilangan Rp60 Miliar

Eksekusi penalti Cristiano Ronaldo sukses menjebol gawang Fiorentina yang dijaga Bartlomiej Dragowski.
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo.

POJOKSATU.id, TURIN – Klub Serie A, Juventus sudah memutuskan untuk memotong gaji pemain selama pandemi Virus Corona. Cristiano Ronaldo yang mendapat gaji tertinggi di klub harus kehilangan upah hingga 3,8 juta euro (Rp60 miliar).


Cristiano Ronaldo saat ini mengikuti pedoman pemerintah dengan tetap menjalani karantina di tengah pandemi corona. Pecahnya COVID-19 telah mengganggu kalender sepakbola, dengan Serie A salah satu dari banyak liga Eropa ditangguhkan.

Pemain berusia 35 tahun itu menulis di Instagram minggu ini: “Jika Anda pernah bermimpi bermain untuk jutaan orang di seluruh dunia, sekarang adalah kesempatan Anda. Tinggal di rumah, bermain untuk dunia.”


Para pemain Juventus dan staf pelatih telah sepakat untuk pemotongan gaji selama empat bulan ke depan karena krisis corona.

Perjanjian tersebut membuat klub mengamankan pengeluaran hingga 90 juta euro dari tagihan upah pemain dan staf.

“Klub Sepak Bola Juventus mengumumkan bahwa, karena keadaan darurat kesehatan global saat ini menghalangi kinerja kegiatan olahraga, itu telah mencapai kesepahaman dengan para pemain dan pelatih Tim Pertama mengenai kompensasi mereka untuk sisa porsi musim olahraga saat ini,” bunyi pernyataan Juventus.

“Kami sepakat untuk melakukan pengurangan gaji pemain Maret, April, Mei dan Juni 2020. Dalam beberapa minggu mendatang, perjanjian pribadi dengan para pemain dan pelatih akan diselesaikan, sesuai aturan.”

“Efek ekonomi dan finansial dari pemahaman yang dicapai positif untuk sekitar 90 juta euro untuk tahun keuangan 2019/2020.

“Jika pertandingan musim ini dijadwal ulang, Klub akan bernegosiasi dengan itikad baik dengan para pemain dan pelatih menuntut peningkatan kompensasi sesuai dengan dimulainya kembali aktual dan finalisasi kompetisi resmi.

“Juventus ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain dan pelatih atas komitmen mereka pada waktu yang sulit bagi semua orang.”

Lalu dengan pemotongan itu berapa penghasilan Ronaldo?

Superstar asal Portugal dilaporkan membawa pulang gaji tahunan di Juventus sebesar 28 juta poundsterling, yang menghasilkan sekitar 280.000 pound setiap minggu.

Menurut Tuttosport via AS, bintang Juve akan melihat gajinya dipotong 3,4 juta pound (€ 3,8 juta) atau setara dengan Rp60 miliar.

(fat/pojoksatu)